Cover Buku Kebo Iwa dan Sri Karang Buncing

Hasil Buruan 27 tahun,Untuk mengumpulkan data" Kebo Iwa dan Sri Karang Buncing

Poto Pak Made Masih Remaja

Poto tahun 1990, Bersama penglingsir Warga Sri Karang Buncing Jero Wayan Gede Oka (3 dari kiri) di depan "SUMUR UPAS" (dalam gubug), sumur diperkirakan dibuat oleh Ki Kebo Iwa oleh penduduk setempat disebut Kebo Suwo Yuwo.

Desa Adat Gamongan, Tiyingtali, Kecamatan Abang, Karangasem.

Foto Tahun 1992, bekas Pura Penataran Lempuyang

Pura Kuru Baya

Pura Kuru Baya terletak di barat Pura Gaduh, Blahbatuh. Pura ini tempat Ki Kbo Iwa mendapat wangsit bahaya, bahwasanya akan terjadi firasat buruk yang akan menimpanya. Tapi karena satya wacana dan mengemban tugas raja beliau akhirnya berangkat juga, maka terjadilah kenyataan pirasat itu dan beliau menemui ajal di tanah Jawa.

Pura Kawitan Blahbatuh

Pura Kawitan Yang terletak di barat daya Kota Gianyar

Bale Panjang Kebo Iwa

Bale Panjang Kebo Iwa di Jaba Pura Puseh Beda, Sudimara, Tabanan ,, dikisahkan dalam Prasasti Maospahit, bahwa bale ini dibuat untuk Kebo Iwa ,,, dimana dulunya sendi akhir berada jauh ke barat sekitar 300 meter ,,,

Simbol Penghulu Sri Karang Buncing

Simbol

Pak Made Lagi Jualan Buku

Pak made mempromosikan buku terbitan pertamanya

Pembuatan Tapel Kebo Iwa

Process pembuatan tapel Kebo Iwa berlokasi di gianyar oleh bapak Tjokorda

Senin, 25 Oktober 2010

PIAGEM DUKUH GAMONGAN & PURANA BALI DWIPA

Piagem Dukuh Gamongan dan Purana Bali Dwipa, Sri Gnijaya Sakti (Sri Jayasakti) Menurunkan Putra Sri Gnijaya, Menurunkan Putra Sri Jaya Pangus, Menurunkan Dua Putra, Sri Hekajaya dan Sri Dhanadhiraja (Sri Adi Kuti Ketana) 
  
. . . . de Sri Gnijaya Sakti, sira gumawya werdyaning desa-desa, makabehan, lwirning simakrama, denapageh, umaweh kaywaning rat trilokam, pinujinam, tkeng dhala, mawirya sabalanya makabehan tan kurang kaywanan, kalawan yasa sang prabhu, tinut kang sabala, nahan pakertya nira, pura dharmah utamam, risampun dasa temwang sira anakradhala biniseka pwanakira matuha, madeg rajyakadaton, apenengeran sira Sri Gnijaya juga, Isakawarsaning rat, ekanindrya sunyeku . . .
(Piagem Dukuh Gamongan).

Terjemahan:
. . . Baginda Sri Gnijaya Sakti, sebagai panutan dalam pengembangan desa-desa, termasuk menemui para warga, kukuh dan taat, oleh karena ketaatan itu ketenaran beliau sampai kebelahan tiga dunia, untuk dipuja seterusnya dimasa depan, gagah berani perajurit semuanya tidak kurang kebaikan, dan perintah sang prabhu selalu dituruti oleh seluruh rakyatnya, begitulah laksana Baginda, tempat suci selalu diutamakan, setelah 10 tahun Baginda memerintah lalu dinobatkanlah putra beliau, menjadi Raja, bernama sama Sri Gnijaya juga, tahun menjadi raja Isaka 1051/1129 Masehi . . .

Didukung oleh:

PURANA BALI DWIPA,

. . . Wus alami Sri Jaya Sakti / Sri Gnijaya, angraksa rajya mantuk sira amor ing acintya, hana sutanya sawiji laki kasumbung wicaksana anama Sri Jaya Pangus, sira gumanti angraksa rajya ring Bali-dwipa, tan pendah kadi sang yayah kang sampun ndewatha. Pinten warsa Sri Jaya Pangus angraksa rajya, tan hana musuh angusak-asik Bali pulina, para pandita Siwa Sogata lan para Rsi mwang Mpu akaryya Dharmma-dharmmamwang tan acengilan, para catur-wangsa malar pada angelingi lungguh akaryya papantyan genah mabhakti ring para kawitanya, anghing tan hana lali mulanya tunggal saking Hindhu. Patunggalan agama-agama lan atunggalan catur-wangsa ika kaharan Bhineka Tunggal Ika ring Bali-dwipa, tan hana aceda-cineda malih amuji-pinuji, apan prasama amrih tata tentrem krtta raharjja. Watara 30 masa, Sri Jayapangus angraksa rajya mantuk sira ring taya, anak ira gumanti anakradhala, Isaka 1103.Punang layon kapendem ring patapan Dharmma-anar. Tucapa sira atinggal putra karo saking wijiling babecik, kang panua anama Sri Hekajaya, kang ari apanelah Sri Dhanadhiraja, karwa kari anom-anom, sama-sama apekik, rupanya tan pendah kadi Sang Nakula Sahadewa anurun. Mangke Sri Hekajaya angraksa rajya Bali pulina, wus apula-pali abhiseka Sri Maharaja Hekajaya. Sira tan heling angaci-aci pura-pura, lali ring acining nagara Bali pulina, lamakanna tan aswe anakradhala watara 19 masa, mantuk sira ring taya Isaka 1122, lamakanna sang ari gumanti angraksa rajya abhiseka Sri Dhanadiraja. Sira sering aweh adana punya ring para pandita Siwa Buddha Sogata lan masiha ring para de kula sagotra, anghing malar tan lingu ring acining nagara Bali pulina, lamakanna maler tan aswe sira angraksa rajya, watara 4 masa, mantuk sira ring taya Isaka 1126.
(Purana Bali Dwipa, hal. 6a-7a).


Terjemahan: 
. . .  Sesudah lama Sri Jaya Sakti bertahta, Baginda lalu mangkat, berputra seorang pria mashur bijaksana yang bernama Sri Jayapangus, Sri Jayapangus selanjutnya yang bertahta menjadi Raja di pulau Bali, tidak ubahnya seperti ayahnda Baginda yang sudah mangkat. Entah berapa tahun Sri Jayapangus bertahta, tidak ada musuh yang menyerang serta mengganggu Pulau Bali, demikian pula para Pendeta Siwa, Budha, para Rsi, para Ahli (Mpu) masing-masing membangun pura Pedharman dan tidak ada yang bertikai, lagi pula sang catur wangsa, Brahmana, Ksatrya, Wesya, Sudra, sama-sama menyadari tugas dan kedudukan, membangun Panti memuja para roh leluhur, mereka tidak pernah lupa memang berasal dari satu sumber sejak dari India. Kerukunan hidup beragama dan kerukunan hidup antar catur-wangsa, Brahmana, Ksatrya, Wesya, Sudra, itu yang disebut Bhinneka Tunggal Ika di Pulau Bali, tidak ada yang saling menghina malah saling puji, karena mereka mengusahakan terwujudnya tata tentrem kerta raharja. Kira-kira 30 tahun Sri Jayapangus bertahta Baginda lalu mangkat dan diganti oleh putra Baginda yang bertahta tahun Saka 1103/1181 Masehi. Jenazah Baginda dimakamkan di Pertapaan Dharmma Anyar. Dikisahkan Baginda meninggalkan dua putra yang beribu bangsawan, yang sulung bernama Sri Hekajaya, adik beliau bernama Sri Dhanadhiraja, keduanya perjaka, sama-sama berwajah tampan, wajah beliau tak ubahnya seperti Sang Nakula Sahadewa.

           Sri Hekajaya yang bertahta di Pulau Bali, setelah usai upacara penobatan Baginda bergelar Sri Maha Raja Hekajaya. Baginda tidak menghiraukan upacara pada semua pura dan tidak menghiraukan segala upacara di Pulau Bali, maka dari itu tidak lama Baginda bertahta, lebih kurang 19 tahun Baginda pun wafat pada tahun Saka 1122/1220 Masehi. Maka itu adik Baginda lalu bertahta bergelar Sri Dhanadhiraja, Baginda sering memberikan dana punia kepada para Pendeta Siwa, Budha, juga Baginda mengasihani sanak keluarga dan masyarakat, namun Baginda juga tidak menghiraukan untuk melaksanakan upacara pada masing-masing pura dan upacara Pulau Bali, maka itu Baginda tidak lama bertahta lebih kurang 4 tahun lamanya. Baginda lalu mangkat pada tahun Saka 1126/1204 Masehi. (Prasasti Pura Kehen, Bhatara Guru Adi Kuti Ketana nama lain Sri Dhanadhiraja)

(Prasasti yang dikeluarkan pada zaman orangnya tersebut diatas yaitu Prasasti Bwahan Caka 1103, Prasasti Penida Kaja Caka 1103, Prasasti Batur Pura Abang Caka 1103, Prasasti Sembiran Caka 1103, Prasasti Kediri Caka 1103, Prasasti Sukawana Caka 1103, Prasasti Selat Caka 1103, Prasasti Pengotan Caka 1103, Prasasti Batunya Caka 1103, Prasasti Landih Caka 1103, Prasasti Cempaga Caka 1103, Prasasti Sukawati Caka 1103, Prasasti Peguyangan Caka 1103, Prasasti Jagaraga Caka 1103, dan lain-lain)

Info : Prasasti Srokodan Yang Terbuat Dari Bahan Tembaga, Tahan Sampai Ribuan Tahun

PIAGEM DUKUH GAMONGAN & PRASASTI PURA PUSEH SADING, KAPAL

Piagem Dukuh Gamongan, Sri Jaya Sakti Menurunkan 5 Putra, Sri Gnijaya, Sri Maha Sidhimantra Dewa, Sri Mahadewa Pu Withadharma, Sri Maha Kulya Kulputih, Ratu di Yawa-Madura

. . . . sira Sri Gnijaya Sakti gumaweyana dharma rikang Gunung Lempuyang, iniring dening watek mpungku, sewa, sogata mwang bata mantri makabehan, sira Sri Gnijaya Sakti, jaya jayeng wiragya, silawan, punyawan, sudengcita, tarcala mapageh, anamtamaken Brahmana binwating Bangsul, de Sri Gnijaya Sakti, sira gumawya werdyaning desa-desa, makabehan, lwirning simakrama, denapageh, umaweh kaywaning rat trilokam, pinujinam, tekeng dlaha, mawirya sabalanya makabehan tan kurang kaywanan, kalawan yasa sang prabhu, tinut kang sabala, nahan pakertya nira, pura darmmah utamam, risampun dasa temwang sira anakradhala biniseka pwanakira matuha, madeg rajyakadaton, apenengeran sira Gnijaya juga, Isakawarsaning rat, ekanindrya sunyeku, risampun punang pali pali, garjita twas nira Sri Gnijaya Sakti, apan prasidha donira, amrih kasukan, nira nangun Brata mwang Samadhi, hyun nira aneher, anyujur Gunung Hyang, atemu lawan yayahnira nguni, asewaka guru guna widya, lawan pandita sewa sogata, ika matangnya, sira mengejawa Bangsul, setata nangun tapa, brata, semadhi, tegeg angatiti Widhi, mwang tan lupeng maring dewata, mangkana subal. Caritanen mangke, Sri Gnijaya wangsanak nira karwa mangaran nira, Sri Maha Sidhimantradewa, katiganya apasadnya Sri Mahadewa Pu Withadharmma, kapat mangaran nira Sri Maha Kulya Kulputih, kalimania sira ratu Yawamadura.
(Piagem Dukuh Gamongan, hal 2b-4b).

Terjemahan: 
. . . Baginda Sri Gnijaya Sakti yang membangun pertapaan suci di Gunung Lempuyang diiringi oleh para ahli (mpu), pendeta siwa, pendeta budha, juga para mentri semuanya, beliau Sri Gnijaya Sakti, seorang yang gagah berani, berbudi luhur, dermawan, berpikiran suci, teguh kokoh pendiriannya, para pendeta selalu diutamakan dan diajak dalam menata pemerintahan di Bali. Beliau Sri Gnijaya Sakti, sebagai panutan dalam pengembangan desa desa, termasuk menemui para warga, taat dan setia, oleh karena ketaatan itu ketenaran beliau sampai kebelahan tiga dunia, untuk dipuja seterusnya dimasa depan, gagah berani prajurit semuanya tidak kurang kebaikkan, dan sang prabhu selalu dituruti oleh seluruh rakyatnya, begitulah laksana Baginda, tempat suci selalu diutamakan, setelah 10 tahun Baginda memerintah lalu dinobatkanlah anaknya, menjadi raja bernama sama Sri Gnijaya juga, tahun Isaka 1051/1129 Masehi, setelah selesai acara penobatan, sangat bahagia hati Baginda Sri Gnijaya Sakti, karena sudah terkabulkan keinginannya, melaksanakan Brata dan Semadhi, lalu berkeinginan menuju ke Gunung Hyang mengikuti jejak ayahnya dari dahulu, meminta pelajaran yang berguna dalam kehidupan ini, juga kepada para pendeta siwa budha, dengan demikian beliau sering keluar Istana (ngajawa Bangsul), taat menjalani tapa brata semadhi dan memuja Sang Hyang Widhi, serta tidak lupa memuja para leluhur, demikianlah titik. Sekarang diceritakan, Sri Gnijaya bersanak saudara yang nomor dua bernama Sri Maha Sidhimatradewa, yang ketiga bernama Sri Mahadewa Pu Withadharma yang keempat bernama Sri Maha Kulya Kulputih, yang kelima menjadi Ratu di Jawa Madura.

Didukung oleh:

Prasasti Pura Puseh Sading, Sri Maharaja Jaya Sakti Menurunkan 5 Putra, Sri Gnijaya, Sanghyang Sidhimantra Dewa, Sri Mahadewa Mpu Withadarma, Sang Kulputih, Ratu Jawa Di Madura

. . . Isaka 1072 cetramasa titi dwadasi suklapaksa, tang, ping, 12, waraning Julungpujut, irika diwasa nira Paduka Sri Maharaja Jayasakti umaha mana para senapati makadi rakyan apatih imingsor I tanda rakyan ri pakiran-kiran nira kahyuna lunga maring banwa ing Bangsul, kalawan stri nira akadatwana pwa sira haneng Gunung-gunung Adri Karang, sangkaning turuna sira apan hana pakawaning yayahnira Sanghyang Guru donia gumawyana Dharma rikang Gunung Lempuyang, maka kerahayuaning jagat Bangsul, karuhun iniringaning sewatek Mpuku, Sewa, Sogata, Bata mantri tumut irika Sang Sri Jaya Sakti kinaratwaken dening sarat tan kapingging pwa sira, rinatwaken, apan sira bawa laksana tekeng aji, tan akerwan pwa sira dening mohang murkeng cita, muang lobeng ambek rikang rat, kabretyania tuhu matowang, apan sira ratu cakrawati, apan sira ratu jayeng barata, paramarta sira . . .
Ajarakna ri hawanirang Sri Jayasakti kalawan bretya carania brahmam pakiran kiran sira haneng banwa Bantiran prasama gawyana ya werdyaning desa-desa makabehan. Nahan pakertya sewatek tanda bata mantrya ri Bantiran, pura dharmah utamam, lwirning tanda rakyan apatih sama prasanaking brahma nurunaken putra semadi astawa ni Sri Mahadewata Maharaja Dewa Lingganing Gunung Hyang, sanakira sri putra malawas-lawas bipraya anjujug nagareng Jawa Bangsul Banwa Bantiran tekeng Pura Karang mantrya putraning bhatara anakira matwa Sri Gnijaya juga inaranan teher akadatwan ring warani Karang tumemwa tekeng mangke yogyanana inistis dening wang kang hana wangsania ta wekasan de ya atiti ta apan sira lwih utama puniawan silawan tan pade sudania munggwa sari rani, ping rwa anakira ngaran Sanghyang Sidhimantra Dewa, katigania Sri Mahadewa Mpu Witadharma, subaga ring rat, kapat nira Sang Kulputih, kalimania Ratu ing Yawa Madura . . .(Prasasti Pura Puseh Sading, Kapal).

Terjemahan: 
           Pada tahun Saka 1072/1150 Masehi, bulan Hindu ke sembilan, pada tanggal duabelas bulan paro terang, wuku julungpujut, pada hari itulah saatnya Sri Paduka Sri Maharaja Jayasakti, menyidangkan para senapati, terutama para rakyan mahapatih dan para Tanda Mantri di balai istana raja untuk memperbicangkan hasrat baginda Sri Maharaja Jayasakti bersama permaisurinda, hendak beranjangsana ke desa-desa di Bali yang ada di Gunung Karang. Adapun minat baginda datang kesana, oleh karena melaksanakan tugas perentah dari ayahnda yaitu Sanghyang Guru, yang hendaknya supaya mendirikan tempat suci (pedharman) di Gunung Lempuyang, demi untuk keselamatan Negara Bali ini. Baginda diiringi oleh para pendeta Siwa maupun Buda dan para Bata mantri. Dimana baginda Sri Jayasakti lalu dinobatkan menjadi raja oleh rakyat Bali itu. Baginda sangat tepat dinobatkan, karena baginda sangat berpengaruh dan pandai dalam segala ilmu. Baginda tiada akan mundur menghadapi orang-orang yang durhaka. Rakyat baginda sungguh-sungguh takut dan hormat kepada baginda, karena baginda sungguh-sungguh Raja Cakrawarti dan raja yang menang dalam peperangan sangat unggul dan sangat bijaksana. Kini diceritakan perjalanan Sri Baginda Raja Jayasakti bersama para Brahmana. Setelah baginda tiba di desa Bantiran, maka serempak rakyat baginda memperluas daerah-daerahnya. Demikian tugas-tugas para Tanda Mantri baginda di luar desa Bantiran. Mereka membangun pura tempat persembahyangan dan juga Pedarman-pedarman yang sangat diutamakan. Sekalian para Tanda Mantri dan rakyan-apatih itu kesemuanya dari keturunan wangsa brahmana, menurunkan putra, berkat hasil semadi dan doa Ida Bhatara Mahadewa yang bersemayam di Gunung Hyang. Dari saat itu putra-putra baginda itu terpencar, kian kemari, pulang pergi dari Pulau Jawa ke Pulau Bali desa Bantiran sampai ke Pura Karang (Lempuyang). Adapun putra-putra Sri Maharaja yang roh kudusnya sudah disemayamkan di Gunung Hyang, sebagai berikut: putra yang tertua nama sama dengan orang tua Sri Gnijaya juga, beristana di Gunung Karang, yang kita warisi hingga dewasa ini dan yang patut dipuja oleh sekalian penduduk hingga sekarang, harus kita taat memujanya, karena mendiang sangat utama, dermawan dan sangat susila, serta kesucian baginda tiada taranya, putra yang kedua bernama Sanghyang Sidhimantra Dewa, putra yang ketiga bernama Sri Mahadewa Mpu Witadharma yang sangat terkenal di Negara, putra yang keempat bernama Sang Kulputih dan putra yang kelima Ratu di Jawa-Madura.

(Prasasti-prasasti yang dikeluarkan pada zaman orangnya tersebut diatas, yaitu; Prasasti Campetan Caka 1071, Prasasti Manik Liu Caka 1055, Prasasti Bwahan Caka 1068, Prasasti Prasi Caka 1070, Prasasti Sading B Caka 1072, Prasasti Dausa, Prasasti Pemecutan B, Prasasti Sibang Kaja, Prasasti Depa A, Prasasti Bebandem, Prasasti Landih A, Prasasti Tampakgangsul, dan lain-lain)


PURANA PURA PUCAK BUKIT GEDE & PURANA BALI DWIPA

Purana Pura Pucak Bukit Gede, Sri Aji Hungsu Menurunkan 3 Putra dan Putri, Sri Sakalindu Kirana, Sri Sura Dhipa, Sri Jayasakti.

….. Giri Antapsari kahyanganira Bhatara Pasupati, Giri Pangelengan mwang Giri Silanjana kahyangan nira Hyang Nagaloka, Giri Watukaru kahyangan nira Hyang Lumanglang. Wukit Gede kahyanganku Bhatara Siwa, Giri Padang Dawa kahyangan Bhatara Gede Sakti Ngawa Rat, Giri Pucak Kembar kahyangan nira Bhatara Gede Sakti Amurbeng Rat, Wukit Rangda kahyangan nira Bhatara Ludra, mareng Trate Bang kahyangan nira Hyang Besa Warna, Giri Mangu kahyangan nira Hyang Danawa, Giri Pucak Rsi kahyangan nira juga Hyang Pasupati, Giri Andakasa kahyangan nira Bhatara Hyang Tugu, ih kita ranak Ku, hana pawekas ingsun, ikang Wukit Gede kalawan Giri Padang Dawa mwang Pucak Kembar, ika wit sangkyeng Wukit Gede, hana supataninghulun ri wwang kabeh, mogha rikaswenia kawinangun kahyangan make lingganKu Hyang Siwa tar hana waneh, genah ikang wwang manusha anuhun pada kalawan ngku. Warnenen ripangentosing masha, ri tatwania tucapa Pulina Bangsul cinakra de Sri Aji Hungsu, sira adrewya suta katrini kwehnya, kang anama Sri Sakalindu Kirana, Shri Sura Dhipa, mwang ari apenelah Sri Jaya Sakti. Pinten warsha Shri Aji Hungsu anakradhala mantuk sira haneng taya, gumantya de ranakira apenelah Sri Sakalindu Kirana. Sira anakra watara 20 masha, manke manggala ikang linggihira, kang ari anama Shri Sura Dhipa, tar pendah kadi kakangira, malartar aswe sira anakradhala watara 15 masha, mur pwa sira mareng sunyaloka, marmania kang ari angraksa rajya abhiseka Shri Jaya Sakti, sira sring anangun tapa brata Samadhi, ngastiti Hyang Bhatara, punang wong Bali Pulina tar hana tulak ri sira sang anakradhala, hana pwa sutanira kasumbung wicaksana anama Shri Jaya Pangus, sira gumantya kang yayah kang sampun ndewata sira kweh nggawe caciren, ikang kadatwania hana mareng Balingkang
(Purana Pura Pucak Bukit Gede, hal 4b-6a)

Arti Bebas:
..... Gunung Antapsari kahyangan Bhatara Pasupati, Gunung Pangelengan serta Gunung Silanjana kahyangan Nagaloka, Gunung Watukaru kahyangan Hyang Lumanglang, Bukit Gede kahyangan Bhatara Siwa, Giri Padang Dawa kahyangan Bhatara Gede Sakti Ngawa Rat, Giri pucak Kembar kahyangan beliau Bhatara Gede Sakti Amurbeng Rat, Bukit Rangda kahyangan beliau Bhatara Ludra, di Trate Bang  kahyangan beliau Besa Warna, Giri Mangu kahyangan beliau Hyang Danawa, Giri Pucak Rsi kahyangan beliau juga Hyang Pasupati, Gunung Andakasa kahyangan beliau Bhatara Hyang Tugu, ih kamu anak-Ku semuanya, ini adalah nasehatku, adalah Bukit Gede bersama Gunung Padang Dawa dan Pucak Kembar itu berasal dari Bukit Gede, ada sumpah dan kutukan bagi kamu semua orang, semoga untuk selanjutnya dibangun tempat suci sebagai simbol-Ku Hyang Siwa tak ada yang lain dan tempat semua orang memohon Tirtha Suci bersama pinandita
           Dikatakan setelah alih zaman, dalam ceritra yang sebenarnya, dikisahkan Pulau Bali diperintah oleh Sri Aji Hungsu, beliau mempunyai anak laki dan perempuan banyaknya, yang bernama Sri Sakalindu Kirana, Shri Sura Dhipa, dan adiknya bernama Sri Jaya Sakti. Setelah beberapa tahun Sri Aji Hungsu memerintah berpulanglah beliau ke Sunya Loka, menggantikan anaknya yang sulung bernama Sakalindu Kirana, beliau memerintah selama 20 tahun setelah itu pemerintahan oleh adiknya yang bernama Sri Sura Dhipa, tidak beda jauh dengan kakaknya, menurut lamanya beliau memerintah sekitar 15 tahun moksah beliau pergi ke sunya loka, dengan demikian adiknya yang dinobatkan menjadi Raja bernama Sri Jaya Sakti, beliau taat menjalani tapa brata Samadhi menyebah Hyang Bhatara. Begitupun rakyat Pulau Bali tidak ada yang tertindas pada masa pemerintahanya, adalah putranya yang kesohor adil bijaksana bernama Sri Jaya Pangus, yang menggantikan ayahnya yang sudah meninggal, beliau banyak meninggalkan jasa, salah satunya adalah yang ada di Balingkang.

Didukung oleh

Purana Bali Dwipa, Sri Aji Hungsu Menurunkan 3 Putra Putri, Ratu Sakalindu Kirana, Sri Sura Dhipa, Sri Jaya Sakti.

Tucapa sang natha Sri Aji Hungsu sutanya katrini kwehnya, wijiling babecik, stri pwa sira anama Ratu Sakalindu Kirana, kang saking panawing karo wijya kakung, kang panuwa anama Sri Sura Dhipa, arinya apenelah Sri Jaya Sakti. Pinten warsa lawas Ira Sri Aji Hungsu anakradhala mantuk sira ring taya, apan sampun kalingsiran, kang layon kapendem ring Gunung Kawi, Isaka 999. Mangke tucapa Ratu Sakalindu Kirana kang anakradhala ring Bali-dwipa, apan sira mijiling babecik, lan sira nyukla-brahmacarya, manggala Ratu Istri ring Bali kasumbung dharma wicaksana angraksa rajya kasumbung tekeng dura Negara. Pinten dinakala lami rati istri anakradhala, sutrpti punang nagara, anghing watara 20 masa, mantuk sira ring taya Isaka 1023. Mangke manggala ikang linggih Sri Sura Dhipa anakradhala, tan pendah kadi kang-ira stri sang sampun ndewata, malar tan aswe sira anakradhala, watara 15 masa, mantuk sira maring taya, Isaka 1041, marmanya kang ari angraksa rajya abhiseka Sri Jaya Sakti, sira asering nangun tapa brata Samadhi ngastiti Hyang Widhi, mwah tan lali ring Bhatara Dewatha. Punang wong Bali Pulina tan hana atulak bhakti ring sira sang anakradhala, wus alami Sri Jaya Sakti angraksa rajya mantuk sira amor ing acintya Isaka 1072.
(Purana Bali Dwipa, hal 5a-5b).

Arti Bebas:
Dikisahkan Baginda Raja Sri Aji Hungsu berputra tiga orang, ber-ibu keturunan bangsawan, seorang wanita bernama Ratu Sakalindhu Kirana, dua orang pria beribu orang kebanyakan (selir), yang sulung bernama Sri Suradhipa dan yang bungsu bernama Sri Jaya Sakti. Entah berapa tahun lamanya Baginda Sri Aji Hungsu bertahta, akhirnya Baginda wafat karena sudah lanjut usia, jenazah Baginda dikebumikan di Gunung Kawi, pada tahun Isaka 999/1077 Masehi. Selanjutnya dikisahkan Ratu Sakalindhu Kirana yang bertahta di Bali, karena Baginda Ratu beribu bangsawan, lagi pula Baginda Ratu tidak menikah, merupakan Ratu yang kepertama di Bali mashur menghayati dharma serta bijaksana sebagai penguasa tunggal, terkenal sampai keluar pulau. Entah berapa lama Baginda Ratu bertahta, pulau Bali aman dan sejahtera, lebih kurang 20 tahun, Baginda Ratu lalu mangkat pada tahun Saka 1023/1101 Masehi. Selanjutnya Sri Suradhipa yang bertahta, tidak ubahnya seperti kakanda Baginda almarhum, juga tiada lama Baginda bertahta, kira-kira 15 tahun, Baginda lalu wafat pada tahun Saka 1041/1119 Masehi. Maka itu adik Baginda bertahta bergelar Sri Jaya Sakti. Baginda sering melaksanakan tapa, brata, semadhi, memuja kehadapan Sang Hyang Widhi, juga Baginda tidak lupa memuja kepada para leluhur. Rakyat pulau Bali tidak ada yang berani menentang, setia dan bakti kehadapan Baginda Raja. Sesudah lama Sri Jaya Sakti bertahta, Baginda lalu mangkat pada tahun Saka 1072/1150 Masehi.

(Prasasti-prasasti yang dikeluarkan pada zaman orangnya tersebut diatas antara lain: Prasasti Dawan Caka 975, Prasasti Trunyan Caka 971, Prasasti Bebetin Caka 972, Prasasti Sukawana Caka 976, Prasasti Blantih Caka 980, Prasasti Batunya Caka 977, Prasasti Dausa Pura Bukit Indrakila Caka 983, Prasasti Sembiran Caka 987, Prasasti Pengotan Caka 991, Prasasti Pandak Badung Caka 993, Prasasti Kelungkung C Caka 994, Prasasti Srokodan Caka 999, Prasasti Pengotan Caka 1010, Prasasti Tjampetan Caka 1071, dan lain-lain)

Info :
Prasasti Batu Pura Gunung Penulisan, Sumber Photo Goris,R. Prasasti Bali, 1954

PURANA PURA LUHUR BATUKARU & PURANA BALI DWIPA

Purana Pura Luhur Batukaru, Sri Kesari Warmmadewa Menurunkan Putra Sri Ugrasena, Menurunkan Putra Sri Candrabhaya Singhawarmmadewa, Menurunkan Putra Sri Dharmma Udayana, Menurunkan 3 Putra, Sri Aji Erlangga, Sri Marakata, Sri Anak Wungsu.

Warnnanen ri prapteng aryeng Hindu anakrawerti ring Bali juga agwangun ndan anabdab kahyangan bhuwana  titanem makadi sira Abhiseka Sri Wira Dalem Kesari wangunakna kang Pura Sad Kahyangan kwirya: ring Pura Penataran Besakih, ring Pura Bukit Gamongan, ring Pura Watukaru, ring pura Uluwatu, ring Pura Erjeruk, ring Pura Penataran Pejeng. Mwang yanana sawonging Bali tanmeling angabhakti kadi arep, sinapakna buwat hupadrawan mwah asuduk lawan rowangnya. Nimita samwa sidha anunggalaken hyun lawan para hulu, khabayan, paraning wwang ngawiwit kahyangan kalano. Lwir ring Pura Luhur Watukaru samana anabdab kahyangan lawan pada khubayan ing kana. Risampun puput punang pura-pura kabeh, mahyun ta sira angaci, ngwit aci ring; Bu, Ka, Sinta, praya angaci gelar Pagerwesi ngaranya. Wus ta ngaci gelar, kaci sikep ayuddha, ring Sa, Ka, Landep. Tumpek Landep haranya. Ring: Sa, Ka, Wariga, malar kaci maharam Tumpek Uduh, apan sira mahyun angaci Widhi mwang para dewatha kang lina ajurit, ring Bu, Ka, Dungulan, mawasta Galungan. Pamupulan sarin tahun saking duranagara, Makasar, Sumbhawa, Sasak, mwang Blambangan, kang kawawa olih Sri Maha Raja Bali. Wre, Wa, Sungsang, anama Sugyan Jawa, Punang Bali Dwipa, ring Su, Ka, Sungsang anama SugyanBali. Punang aci Galungan ika ngawit, Bu, Ka, Dungulan, sasih ka-catur, tang dina 15, Isaka warsaning bumi 804. Bangun Indrabhawana ikang Bali rajya, atabuhan awanti-wanti siyang latri, makadinya gending laluwangan, salonding, pada ngastiti Widhi lan dewa-dewatha. Gemah ripah punang nagara sawengkoning Bali rajya kang sinengguh murddharning para Bhatara ika AbhisekaSri Kesari Warmmadewa.
Pinten warsa kala, apan sampun kalingsiran lina Sri Aji Bali Isaka 837, Anakira gumanti angraksa rajya kadatwan, tan pendah kadi sang wus humoring acintya, tegeg bhaktinya ring Hyang Widhi angarcana pura purana. Sri Ugrasena Warmmadewa bhisekanira sang natha, prahiwakasubheng bhumi sira anakradhala, sutrepti punang Bali-dwipa. Para wiku Siwa Kasogatan mwang Rsi lan Mpu paragama kang datang saking Yawadwipa lan saking Hindu, prasama atunggalan, apan sama-sama astiti bhakti ring Hyang Widhi mwang para dewa-dewatha anghing anut desa kala patra ika matangnyan kaharan Bhineka Tunggal Ika. Mangke warnnanen mwah, kang anakradala ring Bali-dwipa kang abhiseka Sri Ugrasena, pragina kasubuhengrat, sutrepti punang Bhumi Bali-dwipa, pintan dinakala malawas Sri Aji Ugrasena angraksa Rajya Kadatwan, mantuka sira ring tahya, rawuh di Saka Warsaningloka 864, sira lumah ring Ermadatu tlas.
Candrabhaya Singhawarmmadewa putram, Ratuwibhuh kretajnanam, Udyana Er Mpul Siddhakaryam, Gunasadhu wiryyanam. Gumanti mangke kang angrajya kadatwan ring Bali-dwipa kang abhiseka sira Sri Candrabhaya Singha, sira angwangun ikang Hyang mwang udyana sireng Er Mpul di Saka Warsaningrat 884, Tirttha ika kahucap kang sidha angurip para Dewatha nguni. Pinten warsa kala lami Bathara Maharaja Sri Candrabhaya Singha Warmmadewa mawengrat sampun kalingsiran muliheng sunyatmaka, gumanti de wijanira mawengrat, abhiseka Sri Dharmma UdayanaWarmmadewa, sira juga anugrahakna tang tambra prasasti Isaka 911. Kunang riyadheg ira bhupalakengrat, stata kinabihan denira para Mpukwing, Kacewan, Kasogatan, Rsi Maha Brahmana, tan lempas inabih de para wadwa saselikan sama-sama mabikal awaknya. Mwah sira juga angadegakem kwehing para kasenapatyan dadyakna pakiran-piran ijro makabehan Riyadhegira bhupalakengrat mawuwuh-wuwuh wibhawanira, apan strinira sang abhiseka Ratu Mahendradata Gunapriya Dharmmapatni. Apan kalingsiran Sri Aji, sira lumah ring Er Wka, aningalana wija katrini, lwirnya, Sri Aji Erlanggya, kang ari Paduka Aji Sri Dharmmawangsa Wardhana Marakata Pangkaja Sthana Utanggadewa, ngakreng rat ring Bali ri pantaraning Isaka 944, kang ari apuspata Sri Aji Anak Wungsu (Purana Pura Luhur Batukaru)

Diceritakan ketika datangnya arya-arya Hindu yang menguasai bumi Bali juga ikut membangun dan memperbaiki kahyangan jagat seperti yang bernama Sri Wira Dalem Kesari kembali memperbaiki Pura Sad Kahyangan, antara lain: Pura Penataran Besakih, Pura Bukit Gamongan, Pura Batukaru, Pura Uluwatu, Pura Erjeruk, Pura Penataran Pejeng. Dan lagi kalau ada orang Bali tidak ingat dan bakti seperti tersebut diatas dikutuk kena pastu, dan ribut dengan saudara. Itulah sebabnya semua mampu menyatakan pikiran bersama para pemimpin, kubayan, yang  sebagai warga yang mengawali kahyangan tersebut, seperti di Pura Batukaru bersama menata kahyangan dengan para kubayan disana. Setelah selesai perbaikan semua pura, berkeinginan beliau pada bakti pemujaan, dimulai aci pada Buda/Rabu/Kliwon Sinta dinamakan hari suci Pagewesi, setelah selesai kemudian diupacarai. Para prajurit pada Sabtu Kliwon Landep, dinamakan Tumpek Landep, di hari Sabtu Kliwon Wariga dinamakan Tumpek Uduh, karena beliau ingin memuja Sanghyang Widhi sekalian para dewa yang gugur saat perang, di hari Buda Kliwon Dungulan dinamakan Galungan. Dikumpulkan upeti (sarin tahun) dari berbagai Negara (kerajaan) Makasar, Sumbawa, Sasak dan Blambangan, yang dikuasai oleh Raja Bali. Wrespati Wage Sungsang dinamai Sugian Jawa. Pada hari Sukra Kliwon Sungsang dinamakan Sugian Bali. Saat itulah aci Galungan dimulai. Hari Buda Kliwon Dungulan bulan ke-empat tanggal 15 tahun Isaka 804/882 Masehi Dimulainya pembenahan penataran kerajaan Bali, suara gambelan bersahutan siang malam, seperti gending lahwangan, salonding, semua bersujud kehadapan Sanghyang Widhi dan dewa-dewa. Berkelebihan, sentosa pulau Bali dan yang menjadi pimpinan raja-raja adalah Sri Kesari Warmadewa.

           Beberapa tahun kemudian karena sudah tua mangkatlah Sri Aji Bali pada tahun Saka 837/915 Masehi Putra beliau yang menggantikan tahta, tidak beda dengan beliau yang sudah menyatu dalam Sunya, selalu taat berbakti kehadapan Sanghyang Widhi dengan bersembahyang di pura-pura Sri Ugrasena Warmmadewa nama beliau sang Prabu, bijaksana dan termasyur di dunia beliau memerintah, aman sentosa pulau Bali. Para pendeta Siwa Budha dan Rsi, Empu, para agamawan datang dari pulau Jawa dan Hindu (India) semuanya bersama memuja kebesaran Ida Sanghyang Widhi dengan para dewa, tapi pemujaan disesuaikan dengan desa kala patra. Itu yang menyebabkan tepat disebut Bhinneka Tunggal Ika. Sekarang diceritakan, yang berkuasa di Pulau Bali bernama Sri Ugrasena, berwibawa terkenal aman sentosa Kerajaan Bali-dwipa. Sesudah beberapa lama Sri Aji Ugrasena bertahta di istana kerajaan akhirnya beliau wafat kembali kealam Sunya, pada tahun Saka 864/942 Masehi beliau dicandikan di Ermadatu, habis.

           Putra beliau Candrabhaya Singhawarmmadewa, raja yang berkuasa, makmur dan berbudi luhur, membangun Taman Er Empul (Pura Tirta Empul) yang dapat menghidupkan kembali para dewa dahulu. Bergantilah sekarang yang menjadi Raja di istana Bali bernama Sri Candrabhaya Singha Warmmadewa, beliau membangun parahyangan dan Taman Er Empul pada tahun Saka 884/962 Masehi Air suci itu dijelaskan dapat menghidupkan kembali para dewa dahulu. Sudah beberapa lama Maharaja Sri Candrabhaya Singha Warmmadewa berkuasa, sesudah tua akhirnya beliau kembali kealam Sunya, digantikan oleh putra beliau dengan nama Sri Dharmma Udayana Warmmadewa, beliau juga menganugrahkan prasasti pada tahun Saka 911/999 Masehi Pada saat berkuasa, selalu didampingi oleh para Pendeta Siwa, Budha, Rsi, Maha Brahmana, dan lagi diiringi oleh para pengikut pilihan yang gagah perawakannya. Lagi mengangkat banyak para senapati sebagai Pakiran-kiraning Jro makabehan. Pada saat itu beliau bertahta bertambah besar kewibawaannya karena permaisuri yang bernama Ratu Mahendradatta Gunapriya Dharmapatni. Karena sudah tua Sri Raja, beliau wafat di sungai Wka, meninggalkan tiga orang putra, diantaranya Sri Aji Erlangga, adiknya Sri Dharmawangsa Wardana Marakata Pangkaja Stana Utunggadewa, berkuasa di Bali antara tahun Saka 944/1022 Masehi, Adik terkecil bernama Sri Aji Anak Wungsu

DIDUKUNG OLEH PURANA BALI DWIPA

Purana Bali Dwipa, Sri Kesari Warmadewa Menurunkan Putra Sri Ugrasena, Menurunkan Putra Sri Candrabhaya Singha Warmadewa, Menurunkan putra Sri Dharma Udayana Warmadewa, Menurunkan 3 putra, Sri Erlangga, Sri Wardana Marakata, Sri Aji Hungsu; 

           Kini dikisahkan keadaan Pulau Bali, semua pura rusak terbakar, yang masih tertinggal hanya dasar bangunan saja. Dikisahkan para Arrya Hindu memugar dan membangun kembali semua pura yang sudah rusak bersama masyarakat Bali Aga. Adapun yang diberi gelar awatara dewata ialah Baginda Sri Kesari Warmmadewa. Sesudah selesai membangun semua pura, baginda bermaksud melaksanakan upacara, upacara itu dimulai pada hari Rabu Kliwon Sinta, yang bermakna mengupacarakan benteng pertahanan, selanjutnya mengadakan untuk segala perlengkapan senjata perang yang jatuh pada hari Sabtu Kliwon Landep selanjutnya disebut Hari Raya Tumpek Landep. Pada hari  Sabtu Kliwon Wariga, juga melaksanakan upacara yang disebut Tumpek Uduh, Baginda juga bermaksud melaksanakan upacara Dewa Yadnya serta upacara para dewata yang gugur di medan perang, yang jatuh pada hari Rabu Kliwon Dungulan, yang disebut Hari Raya Galungan. Pemasukan pajak hasil bumi dari luar Pulau Bali yakni, Makasar, Sumbawa, Sasak, dan Blambangan, yang dibawah kekuasaan Baginda Raja di Bali, di upacarakan pada hari Kamis Wage Sungsang yang selanjutnya disebut Hari Raya Sugian Jawa. Khusus bagi penduduk Bali Mula upacara itu dilaksanakan pada hari Jumat Kliwon Sungsang, selanjutnya bernama Hari Raya Sugian Bali. Adapun pelaksanaan Hari Raya Galungan bermula pada hari Rabu Kliwon Dungulan, sekitar bulan Oktober saat bulan purnama, pada tahun Saka 804/882 Masehi. Keadaan Pulau Bali bagaikan Indraloka, menyuarakan bunyi-bunyian yang tak henti-hentinya siang malam memuja Sang Hyang Widhi dan para dewata. Pulau Bali aman dan makmur sejak Maharaja Sri Kesari Warmmadewa sebagai penguasa tunggal yang diberi gelar awatara Dewata. Entah berselang beberapa tahun Baginda bertahta, karena sudah lanjut usia Baginda Raja lalu wafat pada tahun Saka 837/915 Masehi. Selanjutnya digantikan oleh putra Baginda, tidak ubahnya seperti almahum Ayahda baginda, Baginda teguh iman taat memuja Sang Hyang Widhi melaksanakan persembahyangan di pura. Baginda bergelar Sri Ugrasena Warmmadewa, sangat bijaksana masyur di Nusantara sebagai penguasa tunggal, Pulau Bali aman dan tentram. Para pendeta Siwa, Budha, Rsi dan para Ahli/Mpu, yang merupakan pemuka agama yang datang dari Pulau Jawa dan dari India, semuanya sudah menyatu, karena sama-sama memuja kebesaran Sang Hyang Widhi dan para dewata. Maka itu disebut Bhinneka Tunggal Ika, karena semua menghendaki terwujudnya masyarakat tata tentram kerta raharja sekala niskala. Entah beberapa lama Sri Ugrasena sebagai penguasa tunggal, baginda lalu wafat karena sudah lanjut usia, pada tahun Saka 864/942 Masehi. Jenazah Baginda dimakamkan di Airmadatu. Kini dikisahkan putra Baginda yang bertahta menjadi Raja bergelar Bhatara Maharaja Sri Candrabhaya Singha Warmmadewa, Baginda yang membangun pura dan Taman Tirtha Empul di Tampaksiring pada tahun Saka 882/960 Masehi. Tirtha Empul itu yang berhasil menghidupkan kembali para dewata yang sudah wafat akibat terkena keganasan racun Sang Mayadanawa. Entah beberapa lama Baginda Maha Raja Sri Candrabhaya Singha Warmadewa sebagai penguasa tunggal Baginda lalu wafat pada tahun Saka 913/991 Masehi. Digantikan oleh putra Baginda menjadi raja yang bergelar Bhatara Maharaja Sri Dharmma Udhayana Warmmadewa. Termasyur kebesaran Baginda sebagai penguasa tunggal, dipuji dan dihormati oleh para pendeta dan para raja, sampai ke Pulau Jawa. Maka dari itu Baginda mempersunting putri raja dari Pulau Jawa yang sangat utama, putri Sri Makuta Wangsa Wardhani raja wanita yang bersuamikan Sri Makuta Wangsa Wardhana, Baginda berputra dua orang yang berparas cantik. Yang tinggal di Jawa kawin dengan raja Kediri, yang bergelar Sri Dharmawangsa Teguh Ananta Wikrama Tunggadewa. Dan yang menikah ke Bali bergelar Ratu Mahendradatta Gunapriya Dharmapatni, Baginda yang menjadi jungjungan rakyat Bali.

           Dikisahkan Baginda Maha Raja Sri Dharma Udhayana Warmadewa memerintah Pulau Bali bersama permaisuri, makin bertambah kewibawaan Baginda, oleh karena Ratu Mahendradatta Gunapriya Dharmapatni bijaksana masyur di Nusantara. Adapula yang merupakan perisai pengawal Baginda yang sudah dipercaya bernama Senapati Wrasaba, Senapati Pancakala, Senapati Waranasi, Senapati Tira, Senapati Danda, Senapati Wit, Senapati Byut, Senapati Kalabaksa, Senapati Kuturan, Senapati Maniringin, Senapati Sarbwa. Sebelas orang Senapati Baginda yang besama-sama mengatur dan mengayomi Pulau Bali, ke sebelas Senapati itu diberikan imbalan sawah bukti. Adapun Senapati Kuturan, sawah bukti yang dihasilinya bertempat di perbatasan daerah Batuan. Pulau Bali aman dan sejahtera tidak ada perselisihan semua umat menekuni nyanyian keagamaan, demikian pula para Pendeta Siwa, Budha, Rsi dan para Ahli (Mpu), selalu melaksanakan Api Kurban (homa), mengucapkan Weda mantra, suara genta mengalun memuja kebesaran Sang Hyang Widhi serta para dewata. Demikian pula bunyi-bunyian dibunyikan siang malam di tiap-tiap desa, dalam rangka upacara Dewa Yadnya pada masing-masing pura tak henti-hentinya. Dilengkapi dengan kidung dan membaca Lontar Kekawin. Setelah lama Sri Dharmma Udhayana Warmmadewa sebagai penguasa tunggal, akhirnya Baginda wafat, pada tahun Saka 940/1018 Masehi. Jenazah Baginda dikebumikan di Banyuweka.

           Kini dikisahkan permaisuri Baginda bersama putra mahkota yang bergelar Sri Wardhana Markata Pangkaja Tunggadewa sebagai penguasa. Baginda bersaudara tiga yang ketiganya pria, yang sulung bernama Sri Hairlangga sudah ke Pulau Jawa. Baginda dijadikan anak menantu oleh Sri Dharmawangsa Teguh Ananta Wikrama Tunggadewa di kerajaan Kediri. Ketika itu Sri Hairlangga baru berusia 16 tahun, karena Baginda lahir pada tahun Saka 915/991 Masehi. Adik bungsu Baginda bernama Sri Aji Hungsu, Baginda masih dalam usia kanak-kanak. Entah beberapa tahun lamanya Baginda berdua sebagai penguasa, pada tahun Saka 971/1049 Masehi, Sri Aji Hungsu yang bertahta menjadi Raja oleh karena Ibunda Baginda dan kakaknya Baginda sudah wafat. Jenazah Ibunda Baginda Ratu Mahendradatta Gunapriya Dharmapatni dikebumikan di Bukit Bhurwan, dekat dengan Banyuweka, adapun jenazah Sri Wardhana Markata Pangkaja Tunggadewa dikebumikan di Gunung Kawi daerah Tampaksiring. Kini dikisahkan Sri Aji Hungsu yang bertahta menjadi raja, tak ubahnya seperti almarhum Ibunda Baginda, selalu sujud bhakti kehadapan Sang Hyang Widhi dan para dewata. Pulau Bali aman dan sejahtera demikian juga Baginda Raja dalam keadaan selamat dan panjang umur, serta seluruh rakyat terhindar dari segala wabah penyakit, lagi pula rakyat Baginda tak ada yang bertikai, semua mematuhi kewajiban sebagai seorang ayah dan kewajiban sebagai seorang anak.

(Prasasti yang dikeluarkan pada zaman orangnya tersebut diatas antara lain: Sukawana Caka 8o4, Bebetin Caka 818, Trunyan Caka 813, Trunyan B1 Caka 833, Gobleg Caka 836, Srokodan Caka 837, Babahan Caka 839, Sembiran Caka 844, Pengotan A1 Caka 846, Batunya Caka 855, Dausa Pura Bukit Indrakila Caka 857, Srai A1 Caka 888, Sembiran B1 Caka 873, Manukaya Caka 884, Bebetin Caka 911, Serai A2 Caka 915, Sading A Caka 923, Batur Pura Abang Caka 933, Sembiran A3 Caka 938, Batuan Caka 944, Sawan Caka 945, Kesihan Caka 945, Bwahan Caka 947, Prasasti Bangli, Pr. Kehen B, Prasasti Ujung Caka 962, dan lain-lain )

Info :
Prasasti Batu Manuk Aja Dikeluarkan Zaman Raja Sri Candrabhayasingha W. Caka 884

ARTI KATA LEMPUYANG DAN GAMONGAN

Sedikit Interpretasi Tentang Arti Kata Lempuyang dan Arti Kata Gamongan

Arti Kata Lempuyang
           Selama ini arti kata Lempuyang identik dengan Gamongan, adalah nama jenis tanaman umbi-umbian untuk bumbu masakan yang tumbuh di daerah Gamongan dan Lempuyang. Mungkinkah nama tempat pertapaan para raja memakai nama umbi-umbian, sedangkan nama desa saja pada era itu disebut Garbawana dan sekarang menjadi nama desa Basangalas Sedangkan pada zaman pemerintahan Sri Batu Ireng (Sri Astasura Ratna Bumi Banten), nama tempat pada era itu umumnya memakai nama watu (batu), misalnya: Desa Batubulan, Desa Batuyang, Batu Aji, Batu Belig, Batu Bidak dan sebagainya. Sedangkan pada era Majapahit nama tempat umumnya memakai nama tumbuh-tumbuhan, misalnya: Abiantimbul, Abianbase, Ketewel, Abiantuwung dan sebagainya. Dan tentunya beliau tidak gegabah memberikan nama seseorang atau nama suatu tempat, yang pada umumnya mengandung makna tertentu dibalik nama itu. Kalau boleh diuraikan, kata per kata dalam kalimat. Secara etimolgi Lempuyang berasal dari bahasa Jawa Kuno, (Zoetmulder: 565, 337), dari urat kata Lampu dan Hyang. Kata Lampu artinya menyerah, menyerahkan diri, melepaskan harapan, tidak menghiraukan atau menerima saja akibat-akibat. Dan Hyang berarti dewa, dewi, yang dipuja sebagai dewa, Tuhan, dewa yang khusus bertalian dengan tempat, orang yang berbakti terhadap kesucian, yang taat kepada agama, pertapa, biarawan, biarawati. Jadi Lempuyang berarti tempat pertapa melepaskan keterikatan duniawi, dalam proses pecaharian jati diri terhadap Tuhan atau dewa yang dipuja di gunung atau tempat tersebut. Raja-raja Bali-Kuno setelah selesai masa pemerintahanya bersifat konsisten melakukan pertapaan ke gunung atau ketempat yang lebih tinggi menjalani kehidupan wanaprasta yaitu melepaskan keterikatan duniawi untuk mendapatkan kemuliaan dan kesadaran agung tentang Tuhan/Hyang Widhi, yang pada akhirnya beliau sampai di desa Gamongan, Gunung Lempuyang, sesuai uraian dalam prasasti Pura Puseh Sading, Kapal, dan Piagem Dukuh Gamongan.

Arti Kata Gamongan
           Secara etimologi Gamongan berasal dari bahasa sanskerta dari urat kata Gama, yang berarti: perjalanan, jalan, atur, agama // karena lafal nuruf “ma” diucapkan sesuai dengan bahasa masyarakat setempat menjadi gamo // lafal huruf “mo” diucapkan, ditegaskan tersirat mendapat konsonan (diftong) “ng” diakhir ucapan menjadi gamong // dari gamong mendapat akhiran (sufiks) “an” menjadi Gamongan. Jadi Gamongan berarti pengamong atau pelayan, dengan perkataan lain, tempat pelayan umat dalam perjalanan menuju kesucian diri terhadap Tuhan, dewa, bhatara yang dipuja digunung Lempuyang yaitu Sanghyang Iswara adalah bekas pertapaan Hyang Gnijaya Sakti, pencetus konsepsi mitologi Sapta Giri, yaitu tujuh gunung yang dipuja dan diyakini sebagai istana para dewata atau para leluhur yang ada di Bali saat itu yaitu, Gunung Lempuyang, Gunung Andakasa, Gunung Batukaru, Gunung Agung, Gunung Tulukbyu, Gunung Batur, Gunung Mangu. Munculnya konsep Tri Hita Karana, tentang parahyangan, pawongan, palemahan kemungkinan sudah ada pada zaman Sri Gnijaya, dimana disebutkan Lempuyang maka uluning jagat Bali, serta refrensi lain menyebutkan Lempuyang maka siwaning jagat Bali, dan Batahanar maka tungguling jagat Bali.

PURA LEMPUYANG, DALAM PIAGEM DUKUH GAMONGAN

Piagem Dukuh Gamongan, Sri Rigis Menurunkan 3 Putra, Sri Pasung Giri, Sri Giri Ularan, Sri Katon Jaya, dan Sri Pasung Giri Menurunkan 5 Putra, Dukuh Sakti Gamongan, Dukuh Semalung, Dukuh Angsoka, Dukuh Tuwuka, dan Keturunan Lainya . . .  

Sri Rigis caritan, sira amupu maring Gamongan, anisyanin, amuja palikrama, maring kahyangan nira Hyang Gnijaya, pinaka kembanging bwana kabeh, kabanda dening pamrajaya sira Sri Karang, maring Silabumi, sira Sri Rigis masentana tigang ginten, pinawayah, apangkusan sira Sri Pasung Giri, kang madya, sira Sri Giri Ularan, mapalarasan maring Takmwang, angawa bala temen, sakeng panugrahan nira Sri Karang Buncing maring Silabumi, katiga apasadnya sira, Sri Katonjaya, sira Pasung Giri, amupu maring Gamongan, anisyanin sapuja palikrama, anureksakna punang kahyangan maring Lempuyang, sira Sri Giri Ularan mapalarasan maring takmwang minaka Senapati nira Sri Kresna Kepakisan Baturenggong, sira Sri Katonjaya mapalarasan maring Bandanaraja, anisyanin maring sedesa desa kang katuju, sira Pasung Giri, asentana limang diri, kang panwa apesadnyan, sira Dukuh Gamongan, panugrahan nira, Danghyang Bawurawuh, manenggekin, mwang manisyanin, maring gunung Lempuyang, wetning treh nira Hyang Sidhimantra, amuja parikrama, maring parahyangan nira Hyang Gnijaya, karwa mapalarasan maring Mbukan, apasadnyan Dukuh Semalung, amuja palikrama, manisyanin maring Mbukan, Katrini, jumeneng maring Pringbanda apangkusan Dukuh Angsoka, kapat apuspata Dukuh Tuwuka, kaping untat mapalarasan maring Siladharma, apasadnyan sira, Dukuh Mayasakti, sira Dukuh Gamongan, maring Lempuyang, asuta tigang diri, pinih wayah, sira Dukuh Gamongan, pinih madya sira Nyiyayu Sakti Garbhawana, kangungsu, Dukuh Bingin Lebuh
(Piagem Dukuh Gamongan, hal. 20a-22a).

Arti Bebas
           Sri Rigis diceritakan, beliau bertempat tinggal di Gamongan, menjalani kehidupan suci, memuja dan mendoakan haturan umatnya di kahyangan Hyang Gnijaya, bagaikan sari bunga dunia ini, karena terikat oleh kewajiban rohani dengan Sri Karang, yang ada di Silabumi, Beliau Sri Rigis menurunkan tiga orang putra, yang sulung diberi nama Sri Pasung Giri, yang menengah Sri Giri Ularan, yang bertanggung jawab di Takmwang, membawahi beberapa pasukan atas anugrah dari Sri Karang Buncing di Silabumi, adik yang ketiga bernama Sri Katonjaya, Beliau Pasung Giri yang bertempat tinggal di Gamongan yang memuja dan mendoakan haturan umatnya, bertanggung jawab terhadap tempat suci yang ada di Lempuyang, Beliau Sri Giri Ularan mengabdi di Takmwang sebagai mahapatih Baginda Sri Kresna Kepakisan Baturenggong, Beliau Sri Katonjaya sepenanggungan yang di Bandanaraja, sebagai orang suci di desadesa yang dituju, beliau Pasung Giri berputra lima orang, yang tertua bernama Dukuh Gamongan, “panugrahan beliau Danghyang Bawurawuh” yang mengepalai, sebagai orang suci di gunung Lempuyang, memang asal keturunan Hyang Sidhimantra, memuja dan mendoakan haturan umatnya yang ada di tempat suci Hyang Gnijaya, yang kedua menempati di Mbukan, yang bernama Dukuh Semalung, memuja dan mendoakan haturan umatnya yang ada di Mbukan, adik yang perempuan yang tinggal di Pringbanda, bernama Dukuh Angsoka, yang keempat namanya Dukuh Tuwuka, yang paling bungsu sepananggungan di Siladharma, bernama Dukuh Maya Sakti, Beliau Dukuh Sakti Gamongan, yang ada di Lempuyang berputra tiga orang, yang tertua beliau Dukuh Gamongan, yang menengah Nyiyayu Sakti Garbhawana, yang bungsu Dukuh Bingin Lebuh

Dalam Tatwa Lalintihan Sri Karang Buncing, Belahbatuh oleh Agung Para Sutama, Kawan Puri Gerogak, Sukawati, Gianyar menyebutkan: 
           Pada masa pemerintahan Sri Astasura Ratna Bumi Banten yang menjadi Bhagawanta adalah Sira Pasung Grigis yang dibantu oleh putra angkatnya yang bernama Sira Rigis yang berputra Pasung Giri di Gamongan, sedangkan adiknya ada yang ke Ularan dan ke Tonjaya
           Sira Pasung Giri berputra lima orang yaitu yang sulung Dukuh Sakti Gamongan yang ke dua Dukuh Semalung, yang ketiga Dukuh Angsoka, ke empat Dukuh Tuwuka, yang ke lima Dukuh Maya Sakti Sila Dharma
           Sedangkan Dukuh Sakti Gamongan berputra Dukuh Sakti di Gamongan, adiknya Ayu Sakti Garbawana, yang bungsu Dukuh Bingin di Lebuh, sedangkan Dukuh Gamongan kakak Ayu Sakti Garbawana berputra Dukuh Sakti Gamongan yang tertua, Dukuh Batugunung yang menengah, dan Dukuh Lingga Manik yang terakhir
           Adapun Dukuh Gamongan kakak Dukuh Batugunung berputra Dukuh Karang dan beradik Dukuh Sidemen dan Ayu Pakis
           Dukuh Lingga Manik berputra Dukuh Raharja, Dukuh Bendu di Kenusut dan adiknya bernama Dukuh Kemuda

SEJARAH PURA LEMPUYANG

Kronologis Sejarah Berdirinya Pura Lempuyang Gamomgan, Terdapat Dalam Prasasti Pura Puseh Sading, Kapal, dan Piagem Dukuh Gamongan, berikut:

. . . Isaka 1072 cetramasa titi dwadasi suklapaksa, tang, ping, 12, waraning Julungpujut, irika diwasa nira Paduka Maharaja Sri Jayasakti umaha mana para senapati makadi rakyan apatih imingsor I tanda rakyan ri pakiran-kiran nira kahyuna lunga maring banwa ing Bangsul, kalawan stri nira akadatwana pwa sira haneng gunung-gunung Adri Karang, sangkaning turuna sira apan hana pakawaning yayahnira Sanghyang Guru donia gumawyana Dharma rikang Gunung, maka kerahayuaning jagat Bangsul, karuhun iniringaning sewatek Mpuku, Sewa, Sogata, Bata Mantri tumut irika Sang Sri Jayasakti . . .
(Prasasti Pura Puseh Sading, Kapal, Badung).

Arti Bebas:
          Pada tahun Saka 1072/1150 M, bulan Hindu ke sembilan, pada tanggal duabelas bulan paro terang, wuku Julungpujut, pada hari itulah saat Paduka Maharaja Sri Jayasakti, menyidangkan para senapati, terutama para rakyan mahapatih dan para Tanda Mantri dibalai istana raja untuk memperbincangkan hasrat baginda bersama permaisurinda, hendak beranjangsana ke desa-desa di Bali yang ada di Gunung Karang. Adapun minat baginda datang kesana, oleh karena melaksanakan tugas perintah dari ayahnda yaitu Sanghyang Guru, yang hendaknya supaya mendirikan tempat suci (pedharman) di Gunung Lempuyang, demi untuk keselamatan Negara Bali ini. Baginda diiringi oleh para akhli (Mpu), para pendeta Siwa maupun Budha, dan para Bata Mantri turut mengiringi beliau Sri Jayasakti . . .

X. 5 Lontar Piagem Dukuh Gamongan Tentang Asal Usul Pendiri Pura Lempuyang Menjelaskan:

. . . sira Sri Gnijaya Sakti gumaweyana dharma rikang Gunung Lempuyang, iniring dening watek mpungku, sewa, sogata, mwang bata mantri makabehan,. . .
(Piagem Dukuh Gamongan, halaman 2b).
. . . sira Sri Maha Sidhimantra Dewa, neher kajagat Bangsul, jumujug maring parahyangan nira Hyang Gnijaya, maring Gunung Lempuyang, amuja palikrama, ngastiti Sanghyang Iswara, angarepaken apwi Padipan, maring Kahyangan nira Hyang Gnijaya maring Gamongan . .
(Piagem Dukuh Gamongan, halaman 5b)
. . . risampun tugtug pagosananira, sira Sri Pasung Grigis, Nyukla Bramacarya, tan adwe stri, mwang anisyanin maring Gunung Lempuyang, panugrahan sira Hyang Sidhimantra . . .
(Piagem Dukuh Gamongan, halaman 8a).
. . . risampun mendraguna pwa sira, Sri Rigis kadama putra pwa sira, dening sira Pasung Grigis, apan sira, anyukla Brahmacaryya, tan adwe sentana, sira Sri Rigis amuja palikrama maring Kahyangan nira Hyang Gnijaya, anisyanin, sasukuning Gunung Lempuyang . . .
(Piagem Dukuh Gamongan, halaman 9a).

. . . Sri Rigis caritan, sira amupu maring Gamongan, anisyanin, amuja palikrama, maring kahyangan nira Hyang Gnijaya, pinaka kembanging bwana kabeh, kabanda dening pamrajaya sira Sri Karang, maring Silabumi, sira Sri Rigis masentana tigang ginten, pinawayah, apangkusan sira Sri Pasung Giri, kang madya, sira Sri Giri Ularan, mapalarasan maring Takmwang, angawa bala temen, sakeng panugrahan nira Sri Karang Buncing maring Silabumi, katiga apasadnya sira Sri Katon Jaya, sira Pasung Giri amupu maring Gamongan, anisyanin sapuja palikrama, anureksakna punang kahyangan maring Lempuyang
(Piagem Dukuh Gamongan, halaman 20b).

. . . sira Pasung Giri, asentana limang diri, kang panwa apasadnyan sira Dukuh Gamongan, panugrahan nira Danghyang Bawurawuh, manenggekin, mwang manisyanin, maring Gunung Lempuyang, wetning treh nira Hyang Sidhimantra, amuja parikrama, maring kahyangan nira Hyang Gnijaya . . .
(Piagem Dukuh Gamongan, halaman 21a).

. . . dan diteruskan oleh keturunan Dukuh  Gamongan . . .

Arti Bebas:
. . . beliau Sri Gnijaya Sakti yang membangun pertapaan suci di Gunung Lempuyang diiringi oleh para akhli (Mpu), pendeta Siwa, pendeta Budha, juga para mentri semuanya . . .
 (Sri Gnijaya Sakti nama lain Sri Jayasakti, putra beliau yang pertama bernama sama dengan ayahnda Sri Gnijaya juga, tanpa embel-embel sakti dibelakang nama beliau, melanjutkan pertapaan di Lempuyang Gamongan, lihat kolom V.1 diatas).

. . . . beliau Sri Maha Sidhimantra Dewa, lalu balik ke jagat Bali, menuju ke pertapaan Hyang Gnijaya di Gunung Lempuyang, melaksanakan pemujaan, menyembah Sanghyang Iswara, dihadapan api pemujaan, di tempat suci Hyang Gnijaya di Desa Gamongan . . .   
(Sri Maha Sidhimantra Dewa adik kandung dari Sri Gnijaya, dan putra yang kedua dari Sri Maha Sidhimantra bernama Sri Indra Cakru, mempunyai nama sama dengan ayahnda yaitu Sri Sidhimantra juga, lihat kolom VII.1 diatas).

. . . setelah cukup umur memerintah, beliau Sri Pasung Grigis mengikuti kehidupan anyukla brahmacaryya (tidak menikah), menjadi orang suci di Gunung Lempuyang, diberkati oleh Hyang Sidhimantra . . (Sri Pasung Grigis putra pertama dari Sri Indra Cakru, lihat kolom VIII.1 diatas).

. . . setelah beliau cukup dewasa, Sri Rigis diangkat anak oleh beliau Sri Pasung Grigis, karena beliau menjalani hidup anyukla brahmacaryya (tidak menikah), tidak mempunyai keturunan, beliau Sri Rigis yang memuja dan menghaturkan persembahan umatnya di tempat suci Hyang Gnijaya, menjalani hidup suci dan mendoakan seluruh kehidupan yang ada di Gunung Lempuyang . . . . (Sri Rigis adalah putra pertama dari Sri Jaya Katong, dan Sri Jaya Katong adalah adik kandung dari Sri Pasung Grigis, lihat kolom VIII.1 diatas).

. . . . Sri Rigis diceritakan, beliau bertempat tinggal di Gamongan, menjalani kehidupan suci, memuja dan mendoakan haturan umatnya di tempat suci Hyang Gnijaya, bagaikan sari bunga bumi ini, karena terikat oleh kewajiban rohani dengan Sri Karang yang ada di Silabumi, beliau Sri Rigis menurunkan tiga putra, yang sulung diberi nama Sri Pasung Giri, yang menengah Sri Giri Ularan, yang bertanggung jawab di Takmwang, membawahi beberapa pasukan atas anugrah dari Sri Karang Buncing di Silabumi, adik yang ke tiga bernama Sri Katonjaya, beliau Pasung Giri yang bertempat tinggal di Gamongan yang memuja dan mendoakan haturan umatnya, bertanggung jawab terhadap tempat suci yang ada di Lempuyang . . . . .

. . . .  beliau Pasung Giri berputra lima orang, yang tertua bernama Dukuh Gamongan, panugrahan beliau Danghyang Bawurawuh, yang mengepalai dan sebagai orang suci di Gunung Lempuyang, memang asal keturunan Hyang Sidhimantra, memuja dan mendoakan haturan umatnya yang ada di tempat suci Hyang Gnijaya . . . . . . .

.......selanjutnya diteruskan oleh keturunan Dukuh Gamongan 

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More