Selasa, 30 Agustus 2011

Buku Kebo Iwa Dan Sri Karang Buncing

Dalam Sejarah Bali Kuno, Kebo Iwa adalah Tokoh central yang di segani banyak orang,sejak dulu hingga kini beliau ikon bali, Karena siapa saja yang hendak mengkaji Bali Zaman dulu pasti bersua dengan  nama KEBO IWA sosok yang di gambarkan tinggi besar, sangat kuat,pembrani dan murah hati.

Kisah Hidup Kebo Iwa Semakin Menjadi Kajian menarik karena di hubungkan dengan taktik politik dan siasat Mahapatih Majapahit,Gajah Mada Ketika menundukan BALI  untuk mempersatukan nusantara.Bagi Gajah Mada Bali hanya bisa di taklukan dengan meruntuhkan bentenganya dan benteng itu adalah Kebo Iwa.

Jika Orang-orang Bali masa kini memimpikan tokoh pahalawan,sosok Kebo Iwa akan muncul dan menjadi idola,Karena ia teguh,teduh dan jujur.Kehidupan Kebo Iwa menarik perhatian seluruh kalangan,Karena beliau memilih hidup melajang sampai akhir hayat,hingga tewas akibat tipu muslihat di tanah jawa.Hidupnya di lumuri ketakwaan dan pengabdian kepada tanah tumpah darah dan leluhurnya.

Kebo Iwa yang disebut-sebut bertempat tinggal di Blahbatuh,sebelah baratdaya kota Gianyar adalah Putra dari Sri Karang Buncing.Selain sosok patih sakti , ia juga di kenal sebagai seorang arsitek (undagi).Banyak bangunan hasil karyanya,terutama di bidang irigasi,bisa di rumut jejaknya hingga sekarang.

Buku yang disiapkan lebih dari 10th ini merupakan ramuan otentik dari riwayat Kebo Iwa dan dinamika lelintihan (sisilah) soroh (clan) Sri Karang Buncing, yang keturunannya kini tersebar di seluruh Nusantara.

Demikian Sekilas Info yang kami berikan untuk Lebih Lengkap bisa download.

8 komentar:

Terima kasih pak made bawa.
Sangat membantu saya, dg artikel babad dari arya Bali karang buncing.

I Nyoman Winata
Batu Tampih Kawan Kediri Tabanan

Suksma mawali Pak Nyoman Winata ,,ngiring dagingan malih indik lelangit sane wenten ring wewengkon idane ,,, mudah2 pak man sampun wenten buku niki ,,

Buku niki bukan termasuk BABAD tapi Sejarah Bali ,, dalam sejarah tidak ada arya bali karang buncing, sebutan arya produk majapahit setelah menguasai bali, untuk mensetarakan Sri Karang Buncing dengan Arya (sebutan mahapatih jawa) ,, sejarah Bali mahapatih kerajaan disebut Senapati sesuai wilayah kekuasaan, mis, Senapati Kuturan Pu Wahita artinya Sang Mahapatih di wilayah (kabupaten) Kuturan bernama yg terhormat Wahita dlsnya ,, ada beberapa senapati masa itu ,,, lebih lengkapnya ada di buku Kebo Iwa & Sri Karng Buncing ,,

Rahajeng pak Nyoman Winata

saya mau beli buku ini bisa dikirim ke bandung?

waduh, maaf pak Muhamad Ramadhan, buku masih di cetak ulang ke 2, sabar nunggu ya,, atau materi ada di kolom BUKU atas ,, tks atensinya,, salam rahayu

kira kira kapan ya pa made selesai cetak ke 2 nya? saya sedang dalam pengerjaan tugas akhir pa made. kebetulan saya mengangkat tentang kisah kebo iwa untuk dijadikan karya tugas saya. kira-kira pa made bisa bantu?

OKE sy kirim mas Muhamad buku Kebo Iwa ,, minta alamat yg dituju ,, nomor HP juga ,, atau in box pertemanan di face book : Watukembar Deglung ,, terimakasih atas atensinya ,,

saya sudah inbox di facebooknya pa Made. terima kasih juga pa atas balasannya

mas Muhamad tak ada pesan tertulis alamat dan HP di pesan dinding watukembar deglung ,,

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More