Cover Buku Kebo Iwa dan Sri Karang Buncing

Hasil Buruan 27 tahun,Untuk mengumpulkan data" Kebo Iwa dan Sri Karang Buncing

Poto Pak Made Masih Remaja

Poto tahun 1990, Bersama penglingsir Warga Sri Karang Buncing Jero Wayan Gede Oka (3 dari kiri) di depan "SUMUR UPAS" (dalam gubug), sumur diperkirakan dibuat oleh Ki Kebo Iwa oleh penduduk setempat disebut Kebo Suwo Yuwo.

Desa Adat Gamongan, Tiyingtali, Kecamatan Abang, Karangasem.

Foto Tahun 1992, bekas Pura Penataran Lempuyang

Pura Kuru Baya

Pura Kuru Baya terletak di barat Pura Gaduh, Blahbatuh. Pura ini tempat Ki Kbo Iwa mendapat wangsit bahaya, bahwasanya akan terjadi firasat buruk yang akan menimpanya. Tapi karena satya wacana dan mengemban tugas raja beliau akhirnya berangkat juga, maka terjadilah kenyataan pirasat itu dan beliau menemui ajal di tanah Jawa.

Pura Kawitan Blahbatuh

Pura Kawitan Yang terletak di barat daya Kota Gianyar

Bale Panjang Kebo Iwa

Bale Panjang Kebo Iwa di Jaba Pura Puseh Beda, Sudimara, Tabanan ,, dikisahkan dalam Prasasti Maospahit, bahwa bale ini dibuat untuk Kebo Iwa ,,, dimana dulunya sendi akhir berada jauh ke barat sekitar 300 meter ,,,

Simbol Penghulu Sri Karang Buncing

Simbol

Pak Made Lagi Jualan Buku

Pak made mempromosikan buku terbitan pertamanya

Pembuatan Tapel Kebo Iwa

Process pembuatan tapel Kebo Iwa berlokasi di gianyar oleh bapak Tjokorda

Selasa, 30 Agustus 2011

Buku Kebo Iwa Dan Sri Karang Buncing

Dalam Sejarah Bali Kuno, Kebo Iwa adalah Tokoh central yang di segani banyak orang,sejak dulu hingga kini beliau ikon bali, Karena siapa saja yang hendak mengkaji Bali Zaman dulu pasti bersua dengan  nama KEBO IWA sosok yang di gambarkan tinggi besar, sangat kuat,pembrani dan murah hati.

Kisah Hidup Kebo Iwa Semakin Menjadi Kajian menarik karena di hubungkan dengan taktik politik dan siasat Mahapatih Majapahit,Gajah Mada Ketika menundukan BALI  untuk mempersatukan nusantara.Bagi Gajah Mada Bali hanya bisa di taklukan dengan meruntuhkan bentenganya dan benteng itu adalah Kebo Iwa.

Jika Orang-orang Bali masa kini memimpikan tokoh pahalawan,sosok Kebo Iwa akan muncul dan menjadi idola,Karena ia teguh,teduh dan jujur.Kehidupan Kebo Iwa menarik perhatian seluruh kalangan,Karena beliau memilih hidup melajang sampai akhir hayat,hingga tewas akibat tipu muslihat di tanah jawa.Hidupnya di lumuri ketakwaan dan pengabdian kepada tanah tumpah darah dan leluhurnya.

Kebo Iwa yang disebut-sebut bertempat tinggal di Blahbatuh,sebelah baratdaya kota Gianyar adalah Putra dari Sri Karang Buncing.Selain sosok patih sakti , ia juga di kenal sebagai seorang arsitek (undagi).Banyak bangunan hasil karyanya,terutama di bidang irigasi,bisa di rumut jejaknya hingga sekarang.

Buku yang disiapkan lebih dari 10th ini merupakan ramuan otentik dari riwayat Kebo Iwa dan dinamika lelintihan (sisilah) soroh (clan) Sri Karang Buncing, yang keturunannya kini tersebar di seluruh Nusantara.

Demikian Sekilas Info yang kami berikan untuk Lebih Lengkap bisa download.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More