Cover Buku Kebo Iwa dan Sri Karang Buncing

Hasil Buruan 27 tahun,Untuk mengumpulkan data" Kebo Iwa dan Sri Karang Buncing

Desa Adat Gamongan, Tiyingtali, Kecamatan Abang, Karangasem.

Foto Tahun 1992, bekas Pura Penataran Lempuyang

Pura Kuru Baya

Pura Kuru Baya terletak di barat Pura Gaduh, Blahbatuh. Pura ini tempat Ki Kbo Iwa mendapat wangsit bahaya akan terjadi firasat buruk yang akan menimpanya,Tapi karena satya wacana dan mengemban tugas raja beliau akhirnya berangkat juga, maka terjadilah kenyataan pirasat itu dan beliau menemui ajal di tanah Jawa.

Pura Kawitan Blahbatuh

Pura Kawitan Yang terletak di barat daya Kota Gianyar

Bale Panjang Kebo Iwa

Bale Panjang Kebo Iwa di Jaba Pura Puseh Beda Sudimara,Tabanan dikisahkan dalam Prasasti Maospahit bahwa bale ini dibuat untuk Kebo Iwa dimana dulunya sendi akhir berada jauh ke barat sekitar 300 meter

Simbol Penghulu Sri Karang Buncing

Simbol

Pak Made Lagi Jualan Buku

Pak made mempromosikan buku terbitan pertamanya

Pembuatan Tapel Kebo Iwa

Process pembuatan tapel Kebo Iwa berlokasi di gianyar oleh bapak Tjokorda

Rabu, 08 Januari 2020

Kata Sambutan Desa Adat Jimbaran

DESA ADAT JIMBARAN
KELURAHAN JIMBARAN KECAMATAN KUTA SELATAN
Alamat : Jl. Uluwatu I No. 28 Jimbaran, Telp. 705112


KATA SAMBUTAN
OM AWIGHNAM ASTU NAMO SIDDHAM



Om Swastyastu,

    Dengan memanjatkan puji syukur kehadapan Ida Hyang Widhi Wasa/ Tuhan Yang Maha Esa, karena atas tuntunannya, "Prasasti Purana Pura Dalem Sarin Bwana" Desa Adat Jimbaran dapat tersusun, yang isinya memuat tentang sejarah Pura tersebut dan pura lainnya yang ada di Desa Adat Jimbaran. Tersusunnya Purana Pura ini bukan hal yang mudah sudah pasti melalui tahapan-tahapan dan berbagai kajian yang dilakukan oleh Pangemong Pura dengan berbagai pihak yang berkompeten dengan hal tersebut. 
    Purana sangat penting dimiliki oleh Pura Dalem Sarin Bwana dan Pura-pura lainnya yang memiliki nilai sejarah. Pentingnya Purana ini adalah untuk menjelaskan kepada pangemong Pura dan masyarakat yang lainnya supaya tidak ada kesimpangsiuran informasi tetang keberadaan pura tersebut. Dengan adanya purana yang dimiliki oleh pura tersebut kebenaran informasi sudah dapat dipercaya karena berdasarkan kajian-kajian ilmiahnya.Yang tidak kalah pentingnya adalah Arca-arca atau bentuk peninggalan yang lainnya yang dimiliki harus dirawat dan dilestarikan dengan baik. Karena melalui Arca-arca atau bentuk peninggalan yang lainnya para ahli akan mempelajari dan memprediksi kapan pura tersebut dibangun dan memperkirakan fungsi pura tersebut. Demikian juga Arca- arca dan peninggalan yang lainnya yang dimiliki oleh Pura Dalem Sarin Bwana telah dibuatkan
tempat khusus yaitu Gedong Penyimpanan Arca.
    Kami dari Desa Adat Jimbaran sangat mendukung dan menyambut baik tentang penyusunan“Purana Pura Dalem Sarin Bwana“ dan mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada semua Pangempon Pura, lembaga yang terkait dan masyarakat semuanya yang telah bersusah payah sampai tersusunnya Purana Pura ini. Besar harapan kami tersusunnya Purana Pura ini dapat disebarluaskan kepada masyarakat luas untuk mengetahui tentang keberadaan pura sehingga masyarakat dengan terang benderang mengetahuinya. Kepada Pangempon Pura untuk tetap menjaga dan melestarikan nilai-nilai sejarah dan kesucian pura yang kita miliki ini.


Om, shanti, shanti, shanti, Om.


iv  Purana Pura Dalem Sarin Bwana

SAMBUTAN PASEMETONAN SRI KARANG BUNCING





PENGURUS PUSAT
PASEMETONAN SRI KARANG BUNCING
Kantor Pusat di Pura Kawitan Karang Buncing Blahbatuh Gianyar Bali
Sekretariat: Br. Gegaran Desa Baha, Kec. Mengwi, Kab. Badung,
Bali. Telp: 0812 3923 207


SAMBUTAN PASEMETONAN
SRI KARANG BUNCING

OM Swastyastu,
       Sembah sujud Pengurus Pusat Pasemetonan Sri Karang Buncing Bali, kami haturkan ke hadapan Ida Hyang Widhi Wasa dan Ida Bhatara- bhatari yang bersemayam di Pura Dalem Sarin Bwana, Desa Adat Jimbaran, Kuta Selatan,Badung. Dan ampunilah kami berkenaan dengan menyebut- nyebut nama Ida Bhatara Pura Dalem Sarin Bwana yang telah amoring Achintya, dumogi tan keni raja pinulah ring pasemetonan maka sami.
       Pengurus Pusat Pasemetonan Sri Karang Buncing Bali, atas ijin dari Kelihan Pangemong Pura Dalem Sarin Bwana, Bapak I Made Sudiarsa dan Jero Mangku Pura Dalem Sarin Bwana I Nyoman Bagia, berkenan untuk menyebarkan buku purana ini ke warga yang mengulas tentang perjalanan atau jejak- jejak leluhur saudara kembar Ida Bhatara Sri Batu Putih dan Sri Batu Ireng (setelah menjadi raja bergelar Sri Astasura Ratna Bumi Banten) yang ada di wilayah Desa Adat Jimbaran dan sekitarnya. Kepada Made Rory Suwenda kami mengucapkan terimakasih untuk biaya cetak ulang buku purana ini. Kami sangat mengapresiasi setinggi- tingginya buah karya saudara I Made Bawa berupa dokumentasi Purana Pura Dalem Sarin Bwana yang telah ditandatangani oleh Bapak Bupati Badung, Anak Agung Gde Agung bertanggal 4 Mei 2015 yang lalu.
        Semoga hasil karya yang lain berkaitan dengan perjalanan jejak- jejak leluhur Sri Karang Buncing bermunculan dan kiranya akan menjadi pedoman atau setidaknya sebagai pendekatan diri kehadapan Ida Hyang Widhi Wasa/Tuhan Hyang Maha Esa dan kehadapan leluhur lelangit Sri Karang Buncing,



iv Purana Pura Sarin Bwana

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More