Kamis, 09 Januari 2020

Kata Sambutan Desa Adat Jimbaran

DESA ADAT JIMBARAN
KELURAHAN JIMBARAN KECAMATAN KUTA SELATAN
Alamat : Jl. Uluwatu I No. 28 Jimbaran, Telp. 705112


KATA SAMBUTAN
OM AWIGHNAM ASTU NAMO SIDDHAM



Om Swastyastu,

    Dengan memanjatkan puji syukur kehadapan Ida Hyang Widhi Wasa/ Tuhan Yang Maha Esa, karena atas tuntunannya, "Prasasti Purana Pura Dalem Sarin Bwana" Desa Adat Jimbaran dapat tersusun, yang isinya memuat tentang sejarah Pura tersebut dan pura lainnya yang ada di Desa Adat Jimbaran. Tersusunnya Purana Pura ini bukan hal yang mudah sudah pasti melalui tahapan-tahapan dan berbagai kajian yang dilakukan oleh Pangemong Pura dengan berbagai pihak yang berkompeten dengan hal tersebut. 
    Purana sangat penting dimiliki oleh Pura Dalem Sarin Bwana dan Pura-pura lainnya yang memiliki nilai sejarah. Pentingnya Purana ini adalah untuk menjelaskan kepada pangemong Pura dan masyarakat yang lainnya supaya tidak ada kesimpangsiuran informasi tetang keberadaan pura tersebut. Dengan adanya purana yang dimiliki oleh pura tersebut kebenaran informasi sudah dapat dipercaya karena berdasarkan kajian-kajian ilmiahnya.Yang tidak kalah pentingnya adalah Arca-arca atau bentuk peninggalan yang lainnya yang dimiliki harus dirawat dan dilestarikan dengan baik. Karena melalui Arca-arca atau bentuk peninggalan yang lainnya para ahli akan mempelajari dan memprediksi kapan pura tersebut dibangun dan memperkirakan fungsi pura tersebut. Demikian juga Arca- arca dan peninggalan yang lainnya yang dimiliki oleh Pura Dalem Sarin Bwana telah dibuatkan
tempat khusus yaitu Gedong Penyimpanan Arca.
    Kami dari Desa Adat Jimbaran sangat mendukung dan menyambut baik tentang penyusunan“Purana Pura Dalem Sarin Bwana“ dan mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada semua Pangempon Pura, lembaga yang terkait dan masyarakat semuanya yang telah bersusah payah sampai tersusunnya Purana Pura ini. Besar harapan kami tersusunnya Purana Pura ini dapat disebarluaskan kepada masyarakat luas untuk mengetahui tentang keberadaan pura sehingga masyarakat dengan terang benderang mengetahuinya. Kepada Pangempon Pura untuk tetap menjaga dan melestarikan nilai-nilai sejarah dan kesucian pura yang kita miliki ini.


Om, shanti, shanti, shanti, Om.


iv  Purana Pura Dalem Sarin Bwana

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More