Bab VII
Pura Kawitan
Treh Sri Karang Buncing
P |
ura Kawitan Sri Karang Buncing terletak di depan SD Negeri I
Blahbatuh, Jalan Dharmawangsa, tepatnya seratus meter ke utara
Pura Puseh, Desa Pakraman Blahbatuh,
Gianyar. Konsep pemujaan Tuhan melalui Bhatara Hyang Kawitan setelah datangnya
Danghyang Nirartha di Bali, yaitu sezaman dengan keberadaan beberapa generasi
setelah era Sri Karang Buncing.
Sri Karang Buncing muncul dua periode, Sri Karang Buncing
ke-1 saudara kandung dengan Sri Rigis yang melahirkan Sri Kebo Iwa. Adik
kandung Sri Kebo Iwa lahir buncing (laki dan perempuan) dan diberi nama Sri
Karang
Buncing juga, sehingga boleh disebut sebagai Sri Karang
Buncing yang ke2. Seperti Sri Karang Buncing ke-1, kakak-adik laki-perempuan
ini pun juga dinikahkan, yang kemudian melahirkan warga Sri Karang Buncing yang
ada sekarang di jagat ini.
Sri Karang Buncing ke-2 adalah adik kandung dari Sri Kebo
Iwa yang hidup sekitar tahun 1324 Masehi. Nama Sri Karang Buncing inilah yang
dijadikan momentum untuk mengenang para leluhur oleh para warga dan dipertegas
kembali dalam anggaran rumah tangga Sri Karang Buncing, pasal 21, yang
diputuskan pada Mahasabha, Senin, 2 Februari 2004, di Nusa Mandala Tohpati,
Denpasar.
Peralihan kekuasaan memang membawa dampak politik psik
ologis bagi warga Sri Karang Buncing dalam kepemerintahan di Bali untuk mencari
identitas leluhur mereka terdahulu karena nyineb wangsa (menutup asal usul) sehingga di masyarakat
ada yang menyebut diri, prabali karang buncing, arya karang buncing, sri karang
buncing, gusti karang buncing, bendesa karang buncing, pasek karang buncing,
soroh karang, dan lainlain, tergantung dari sisi mana memulainya sesuai tugas dan
jabatan saat itu. Munculnya perbedaan tersebut berdasarkan guna karma, tugas
dan fungsi keturunan Beliau saat itu. Tatkala keturunannya menjabat sebagai
kepala desa, bendesa karang buncing sebutannya. Tatkala keturunannya mendapat
tugas pemerintahan Dalem (Majapahit), arya karang buncing sebutannya. Sedangkan
keturunan yang berasal dari pertapa raja raja Bali Kuno di Desa Gamongan,
persebaranya warga dukuh sebutannya. Tatkala ada pengelompokan dalam penulisan
babad antara nak jawa dan nak bali atau keturunan berasal dari Jawa dan orang
Bali, prabali karang buncing disebutnya. Jika keturunannya mamarekan (mengabdi)
di keluarga dalem atau yang berkasta lebih tinggi, pasek karang buncing
disebutnya, dan sebagainya. Sesungguhnya kata-kata Karang Buncing yang berbeda
itu berasal dari Sri Karang Buncing adik kandung Sri Kbo Iwa yang hidup pada
masa peralihan pemerintahan Bali Kuno ke Majapahit. Beliau berdua adalah
keturunan akhir raja-raja Bali Kuno dan misan mindon (sepupu) dengan Sri
Astasura Ratna Bumi Banten. Disamping kesepakatan warga dalam Mahasaba, nama Sri
Karang Buncing yang dipakai momentum oleh keturunannya masa kini di dalam
mendekatkan diri kepada Hyang Kawitan (leluhur) dan Hyang Widhi/Tuhan.
Keberadaan Pura Kawitan Sri Karang Buncing tertulis dalam
lontar Piagem Dukuh Gamongan serta lontar Usana Bali alih aksara oleh Jero
Mangku Nengah Swena dan Jero Gede Karang Tangkid Suarsana (ketua umum warga).
Alih aksara ini menjelaskan Pura Kawitan Sri Karang Buncing dibangun oleh I
Gusti Karang Buncing, yang saling kawin mengawini antara dua keluarga penguasa di
Wadwasila (Blahbatuh) yaitu antara keturunan Sri Paduka Agung Made Jambe (Raja
Agung Tengah) putra mahkota dinasti Dalem Kepakisan dengan keturunan I Gusti
Karang Buncing, treh akhir raja-raja
Bali-Kuno.
Pura Gaduh yang awalnya sebagai tempat suci para raja Bali
akhirnya menjadi monument kebersamaan dari dua dinasti antara Hindu-Bali dan
Hindu-Majapahit. Demikian pula status dan fungsi Pura Gaduh berubah menjadi
Pura Puseh junjungan umat Hindu Desa Pakraman Blahbatuh. Untuk menyiasati agar
warga tidak tercerai berai beralih ke kelompok warga lain, atau kemungkinan
aturan baru dari pemerintah yang berkuasa selanjutnya, diwajibkan untuk
mendirikan tempat pemujaan roh suci para leluhur dari masing-masing kelompok
warga, sehingga I Gusti Karang Buncing membangun Pura Kawitan yang ada saat
kini. Pura Kawitan tersebut berfungsi sebagai tempat berinteraksi antar sesama
warga Sri Karang Buncing dan seluruh warih (keturunan) dari Sri Ksari Warmadewa dimana pun
mereka berada.
Bhisama Setelah Kebo Iwa dan Pasung Grigis
Wafat
.
. . Caritanen sampun pejah Ki Kbo Iwo muah Ki Pasung Grigis sampun angemanin
palatra mangen angen citanira Arya Karang Buncing, pejahikna pangindra jala Ki
Kbo Taruna muah Ki Pasung Grigis, sampun alah punang pulina Bali, denira patih
Gajah Mada mangke muah Arya Karang Buncing amukti maring Blahbatuh, mangke hana
citanira didinia angewangun aken bisama ring preti wangsanira sedaya marmane
tan keneng pangindra jala, mangke sentanan ingsun ngwangun akena parahyangan
Pura Karang Buncing palinggihan Hyang Kawitan ira Karang Buncing wit I Gusti
Karang Buncing, kasungsung kasiwi ring preti sentananira kayang kawekaswekas,
tan sah sira anyungsung Hyang Kawitan ring Pura Karang Buncing, wenang ring
Pura Karang Gaduh, turun-temurun, apan sira hulunaning Bali nguni.
.....
Hana pitekenia Kawitan sira Karang Buncing, kita sentanan ingsun makabehan away
kita tan eling ring kawitan anyungsung anyiwi ring Pura Karang Buncing, ring
Pura Karang Gaduh, makadi ring Gunung Lempuyang, yan kita lali, wastu sira
anadi jatma sudra jati, rered pabuktianta, mentik, mentik, punggel.
.....
Maka panyudaning laranta apan kita madoh-dohan genah, yan hana ngangken pesanak
lawan kita, arep anyungsung Kawitan, away kita wekang, apan kita tan weruh ring
maka jatinia, sakewala pejatian dumun ring ajeng panyungsungan, yan harep ujub
penyaji, wenang kena aweka pasanak nyungsung Kawitan.
.....
Mangke waluya kita muah dane Jro Wayan Karang Buncing, arajya ring Wadwa Sila,
adruwe oka sawiji laki, anama Jro Gede Karang Buncing Dimade, sira jumeneng
ngawasa wasita, ring wadwa sila ana Bandanda nira, ring Getas anama Jro Gede
Kulit, ring Getas anama Jro Kacang.
.....
Ika papatih awesana tan manuteng sila yuleti, apuara acengilan, ika matangnia
Jro Gede Karang Dimade kapegan rasaning tuas dadianta ana adnyana nira tumedek
ring pada pangkaya Bathara ring Pura Gaduh andewa seraya ananja Bathara, ana
awak yaning Hyang kenen amewra preti wangsan Sri Mreja Kepakisan, ika maka
suraksa ring wadwa sila, mangkana linggih Hyang Suksma, lyer pwa sira Jro Gede
Karang Dimade neher mulihing ring wisma mangkana, ika matang nira Jro Gede
Karang Buncing anahura putra nira, Sri Paduka Pembahyun astana ring giri Tampak
Hyang, putran sira Sri Paduka Pembahyun.
.....
Tatri neping ngastra, ika tinukur, silik diri adnyananira Sri Paduka Pembahyun,
kang panghulu kasinungan Jro Gede Karang Dimade demikang juesta, sumende ring Sema Kuta Negara, Ika
matangnya Sri Paduka Agung Made Jambe tinukur ke wadwa sila ingangge pakulunan
di Jro Gede Karang Dimade, kunarya naken rajya, angaran rajya Agung Tengah
.....
.....
Riwus mangkana wus mandet palungguh ira sinurukan sang kalihdiri sang anama Jro
Gede Kulit mwang Jro Wayan Kacang sineka ring rajya Agung Tengah prapta sang
kalihdiri, adnyanira Sri Paduka Agung Gede Jambe Kinon kejagatwan mawi sanak,
anaku sang kalihdiri, tan wikang rasa adnyananira Sri Paduka Agung Jambe ring
Wadwa Sila negara.
.....
Riwus mangkana hana sadnyanira Sri Paduka Agung Jambe ring Jro Gede Karang
Dimade, marunania angwangun pura ingaran Pura Batur Sari, maka palingganira
Bhatara Sri Srengga maka pamuspanira kinaryaken gopura ukur-ukuran, kang
anukangin gopura ika wang sanak ira ring Jro Gede Karang Dimade. ..... Hana
Makuruyu rumui widnya pwasira amawas rupan ikang kina, hana palingganira, Puseh
Bale Agung, makadi Dalem Agung Tenggaling, aramas-ramas pwang kata, ripandiri
nira Sri Paduka Agung Made Jambe, ledep pwa sira mantukeng sunia taya
temajanira gumanti andiri, apan ngaran Paduka Agung Gede Agung. ..... Yan
pirang warsa kunang lawas ira amukti sida
neher sira pranantika, atmajanira gumanti apasadnyan Paduka Agung Gede Ngurah,
yan pirang kunang lawas ira madeg ratu, tehen sira prayate putranira gumanti
abhiseka Sri Paduka Agung Gede Dalem.
.....
Yan pirang warsa aspen dirinira, tan dwa rumpuh kawiryawanira, atilar ring
rajya giniring pwa sira tumut tajanira, apendah Paduka Agung Putra heneng akweh
preti wangsanira Sri Paduka Agung Gede Jambe . . .
(Lontar Usana Bali)
[… Diceritakan setelah wafat Ki Kebo Iwa dan Ki Pasung Grigis
sudah kembali kealam baka, terbayang-bayang pikiran Arya Karang Buncing
meninggal karena kena perangkap Ki Kebo Iwa dan Ki Pasung Grigis, setelah kalah
Pulau Bali oleh Patih Gajah Mada, kemudian Arya Karang Buncing bertempat
tinggal di Blahbatuh, kemudian ada keinginan sendiri untuk membangun peraturan
untuk seluruh warga semuanya, agar kemudian hari tidak kena penipuan, kemudian
keturunan beliau membangun parahyangan Pura Karang Buncing tempat suci Hyang
Kawitan beliau Karang Buncing asal dari I Gusti Karang Buncing dipelihara dan
dipuja oleh keturunan beliau selama-lamanya, tidak hanya memelihara Hyang
Kawitan di Pura Kawitan, juga wajib di Pura Karang Gaduh, turun temurun,
sebagai pusatnya Bali dahulu,
.....ada kewajiban Kawitan Beliau Karang Buncing, kalian
keturunanku semuanya, jangan kamu tak ingat dengan Kawitan menjungjung dan
memuja di Pura Karang Buncing, di Pura Karang Gaduh, juga di Lempuyang, jika
kamu melupakan, dikutuk oleh beliau menjadi orang melarat sekali, surut
kekayaanmu, bertumbuh, bertumbuh, terpotong. ..... Sebagai penyucian kemelaratan karena kamu tinggal
berjauhanjauhan, kalau ada yang mengaku bersaudara dengan mu, ingin mejunjung
Kawitan, hendaknya kamu jangan mengusirnya, karena kamu tidak tahu akan asal
sesungguhnya, hanya pemberitahuan dahulu, dihadapan kerama penyungsung, jika
terhadap “ujub penyaji” wajib kena iuran anggota nyungsung Kawitan,
.....
nanti sama kamu dengan beliau Jro Gede Karang Buncing, memegang jabatan
di Wadwa Sila, mempunyai putra laki-laki bernama Jero Gede Karang Buncing Dimade,
beliau menempati di wilayah kekuasaan di Wadwa Sila ada keturunan beliau, di
Getas bernama Jro Gede Kulit, di Getas bernama Jro Kacang,
.....
mereka pepatih tidak menuruti tata susila, tak bertikai, itulah sebabnya
Jero Gede Karang dimade merasa sangat sedih perasaannya sehingga ada pikiran
beliau untuk lebih mendekatkan diri dengan Bathara di Pura Gaduh sembari
memohon bantuan kepada para Bathara, jika ada seseorang yang merupakan
keturunan Sri Mreja Kepakisan itu sebagai penjaga di Wadwa Sila, demikian
kedudukan Hyang Suksma, diceritakan beliau Jero Gede Karang Dimade akan kembali
ke tempat tinggalnya semula, itu sebabnya Jero Gede Karang Buncing menyuruh
putranya Sri Paduka Pembahyun …
..... yang bertempat
tinggal di Gunung Tampak Hyang, anaknya Sri Paduka Pembahyun ahli dalam ilmu
pengetahuan itu yang jadi andalannya, wawasan beliau sangat luas, salah seorang
kepercayaan Sri Paduka Pembahyun adalah orang kepercayaan Jero Gede Karang
Dimade yang utama, bertempat di Sema Kuta Negara Itulah sebabnya Sri Paduka
Agung Made Jambe menuju ke Wadwa Sila sebagai orang yang dihormati oleh Jero
Gede Karang Dimade, untuk menjadi raja bergelar Raja Agung Tengah
.....
Setelah melaksanakan tugasnya mengajar dua orang yang bernama Jero Gede
Kulit dan Jero Wayan Kacang menjadi putra mahkota Raja Agung Tengah keduanya,
keinginan beliau Sri Paduka Agung Gede Jambe kedua anaknya tersebut mempunyai
keturunan, tak terkira perasaan beliau Sri Paduka Agung Jambe di Wadwa Sila
Negara ..... Setelah itu ada keinginan beliau Sri Paduka Agung Jambe kepada
Jero Gede Karang Dimade, agar membangun pura bernama Pura Batur Sari, sebagai
tempat berstananya Bhatara Sri Srengga, sebagai pemujaannya dibuatkan Gopura
Ukur-Ukuran, dan yang mengerjakannya adalah keturunan dari Jero Gede Karang
Dimade,
..... adalah ketentuan-ketentuan yang mengatur bangunan itu
sudah ada sedari dulu, seperti Puseh Bale Agung, seperti halnya Dalem Agung
Tenggaling, singkat cerita, selama hidupnya Sri Paduka Agung Made Jambe hingga
wafat kembali kealam baka, keturunanya yang menggantikannya, yang bernama
Paduka Agung Gede Agung,
..... entah berapa tahun lamanya beliau menjadi raja sampai
akhirnya digantikan oleh putranya yang bergelar Sri Paduka Agung Gede Dalem,
..... entah berapa tahun lamanya berkuasa hingga akhirnya surut kemasyurannya,
meninggalkan kerajaan diiringi oleh putranya, sepeninggalan Paduka Agung Putra,
banyak keturunan Sri Paduka Agung Gede Jambe yang masih tertinggal.]
Agung ‘Panugrahan’ Danghyang Nirartha
Dalam pemerintahan Sri Kresna Kepakisan Batur Enggong,
Danghyang Nirartha memberikan panugrahan kepada treh Sri Karang Buncing, yang
bisa dibaca dalam Piagem Dukuh Gamongan.
.....
Mangke caritanen Treh nira Sri Karang Buncing, risapamadegan nira Sri Kresna
Kepakisan Batur Enggong, anugrahaken desaparadesa maring sira Bandesa Karang
Buncing ndyata, Karang Buncing Kuta ngamong pradesa Jimbaran, mwah Bandesa
Silabumi, Bandesa Sraya, Bandesa Sege, Bandesa Garbawana, Bandesa Ujung,
Bandesa Tumbu, Bandesa Bugbug, Bandesa Asak, Bandesa Timrah, Bandesa Prasi,
Bandesa Subagan, mwang Bandesa Sibetan, mula Treh Sri Karang Buncing,
mapalarasan saking Batahanyar, sira Karang Gaduh maring Takmwang wawengkon
Gelgel, angamong paryangan ingaranan Pura Gaduh, apan nguni kala ri sapalarasan
nira sakeng Batahanyar, ngawa batur kalawasan arupa lingga sila abebed maka
rumaketang pasanakan, …
.....
mwang maka pangiket kawangsanira sedaya maring Batahanyar, moga riastu sira tan
kahili-hilya sawarihta maring kahyangan nira Pura Gaduh kayeng kawekas wekas,
maring Pura Karang Buncing, mwang maring Pura Lempuyang, Gamongan, yan kita
lali makayangan ring kalinganika mogariastu kita anadi wang linglung, mangan
tan mangan, minum tan nginum, maha bara laranta mapan tan menget ring
kalinganika ngaran, ika marmanyan kita tan jenek lungguh, maring pasenetan,
mangkana subal, Nihan kramaning atiwa-tiwa, kagaduhanira Bandesa Karang
Buncing,
.....
sakeng panugrahan nira, Dhanghyang Nirartta, duk panyenengan nira Sri Kresna
Kepakisan Batur Enggong ratuning Bali-dwipa, madeg maring Gelgel, Isakawarsa,
Pandita Ngaksi Apwi Bhaskara (?), mapata lwirnyan, yan hana Pratisentana nira
karepin kwunya, mati sadurung kepus wedel, kawenang ikang cuntakanya, 18 dina
swenya, nanging yan sampun kepus wedel, sadurung maketus untunya, cuntakanya
maswe 9…
.....
dina, yan sampun maketus untunya, wenang nya maswe 27 dina, pangametnya, mawit
lina, mwah yan sira mawangun, wenang sira angamet upakara, Nista, Madya, Utama,
lwirnya, Nyawawedana, sawa preteka, pranawa, swasta, utama, madya, nista,
kaupacara, wenang sira ngangge wadah tumpang 7, munggah sahananing kapas,
patulanganira ngaran si Lembu Wara, Singa Sardhula, Gajah Mina, sahananing bu….
..... ron wenang, yan sira apudgala, manukuhin wenang sira angagem Lembu Cemeng,
mapadmasana, munggah warna putih kuning, apamatangnyan agung panugrahan ira,
ring Bandesa Karang Buncing, wetning sira wit Treh sira Danghyang Sidhimantra,
neng mangkana, walyang ikang kata.
(Piagem Dukuh Gamongan, hal. 17b-20a).
[..... Berikut diceritakan treh beliau Sri Karang Buncing,
dizaman pemerintahan Baginda Sri Kresna Kepakisan Batur Enggong, menganugrahkan
kepada Bandesa Karang Buncing, sebagai pucuk pimpinan di desa desa, Karang
Buncing Kuta, menjadi pucuk pimpinan desa wilayah Jimbaran, serta Bandesa
Silabumi, Bandesa Seraya, Bandesa Sege, Bandesa Garbawana, Bandesa Ujung,
Bandesa Tumbu, Bandesa Bugbug, Bandesa Asak, Bandesa Timrah, Bandesa Prasi,
Bandesa Subagan, juga Bandesa Sibetan, memang keturunan Karang Buncing, menjadi
satu dengan Batahanyar, Beliau Karang Gaduh yang tinggal di Takmung, daerah
Gelgel, mempunyai kewajiban memelihara bangunan suci namanya Pura Gaduh,
demikian dari dahulu sepenanggungan dengan yang ada di Batahanyar, mengurus
tempat yang sudah tua berupa beberapa arca, sebagai pengikat persaudaraan,
..... disamping sebagai simbol kesatuan kewangsaan kita
semuanya, terhadap di Batahanyar, semoga di kemudian hari tidak sampai
terpisahkan seketurunan terhadap pemujaan beliau di Pura Gaduh untuk
selama-lamanya, juga di Pura Karang Buncing, juga di Pura Lempuyang Gamongan,
jikalau kamu melupakan dengan semua pura tersebut, sejak saat itu juga kamu
menjadi orang linglung, makan, tapi tak terasa makan, minum, tapi tak terasa
minum, sangat berat penderitaan kamu, karena tidak ingat dengan tempat leluhur
itu, itu makanya kamu tidak betah disuatu tempat, demikianlah selesai. Berikut
aturan-aturan pitra yadnya, piagem untuk Bandesa Karang Buncing,
..... panugrahan Dhanghyang Nirartta, pada zaman pemerintahan
Baginda, Sri Kresna Kepakisan Batur Enggong raja pulau Bali, beristana di
Gelgel, tahun Isaka 1327/1405 Masehi (?), bisama lainnya, jika ada keturunan
beliau yang terdekat meninggal di linkungannya, meninggal sebelum putus tali
pusar, diwajibkan mengambil cuntaka 18 hari
lamanya, apabila yang sudah putus tali pusar, sebelum tanggal giginya, cuntaka 9
..... hari, jika sudah tanggal giginya, diwajibkan lamanya 27
hari, berlaku dari hari meninggal, juga bagi yang mewangun boleh mengambil Nista, Madya, Utama, seperti
Nyawaweda, sawa prateka, pranawa, swasta, utama, madya, nista, diupacara boleh
menggunakan wadah tumpang 7, menggunakan bahan kapas, tempat pembakaran mayat
adalah si
Lembu Wara, Singasardula, Gajahmina, seluruh
..... binatang boleh digunakan, bagi yang menjadi pendeta,
manukuhin boleh menggunakan Lembu Cemeng, mapadmasana, memakai warna
putih kuning, demikian agung anugrah Beliau, kepada Bandesa Karang Buncing,
sebab Beliau asal keturunan Danghyang Sidhimantra, demikian selesai..]
‘Aedan
piodalan’ di Pura Kawitan Sri
Karang Buncing,
Panglingsir warga Sri Karang Buncing Jro Wayan Gede Oka
(Guru Oka) dan Pemangku Pura Kawitan Jro Mangku Ketut Karmana mengatakan hari Piodalan di
Pura Kawitan jatuh pada hari Selasa Kliwon Wuku Tambir (Anggara Kasih Tambir) setiap enam
bulan kalender Bali dengan mengambil runutan acara sebagai berikut:
Satu minggu sebelum hari piodalan krama pangemong dan pangempon melakukan bersih-bersih di pura.
Lima hari sebelum hari piodalan tepatnya hari Jumat wuku Merakih melakukan
persiapan dan pembuatan banten caru.
Tiga
hari sebelum piodalan
tepatnya Sabtu Merakih adalah para pengayah lanang istri melakukan persiapan pelaksanaan caru dan
mebat ben caru,
apabila mebat telah selesai ada sebagian warga untuk mendak tirtha ke Pura Lempuyang
Gamongan.
Dua hari sebelum hari piodalan atau hari Minggu Tambir adalah upacara
Ngingsah/Nyangling di Pura Kawitan.
Satu hari sebelum acara piodalan penataan banten piodalan.
Tepat hari Anggara Kasih Tambir, hari piodalan di Pura Kawitan, pagi-pagi
sekali warga melakukan mebat/nampah babi, itik, mamenjor, dan sebagainya. Pada siang
hari pralingga Ida Bhatara Kawitan melasti ke beji dan sekitar pukul 4.30 sore, acara puncak piodalan dimulai
setelah memendak Ida Bhatara Batur Sari, Ida Bhatara Puseh, Ida Bhatara
Pangulu, Ida Bhatara Pura Gaduh. Upacara piodalan dipimpin oleh Ida Peranda dibantu oleh Jero Mangku dengan
diiringi wayang lemah,
topeng, dharma gita, nyutri, maprani, dan lain-lain
Hari Rabu Umanis sehari setelah hari piodalan yang biasa disebut umanis odalan dilakukan
acara nganyarin dan
runutan.
Hari Kamis Paing dua hari setelah piodalan yang biasa disebut pahing odalan juga
dilakukan nganyarin dan
runutannya
Tiga hari setelah piodalan Jumat Pon Tambir adalah hari nyimpen/ panyineban, juga di puput oleh
Ida Peranda dan
dibantu oleh para pemangku
dengan akhir acara mudalang Ida Bhatara Batur Sari, Ida Bhatara Puseh, Ida
Bhatara Pangulu, Ida Bhatara Pura Gaduh dan Ida Bhatara Katuran lainnya.
Pura Kawitan Sri Karang Buncing Tahun
2019
Pembangunan Kori Agung, Bale Kulkul, Bale Sambyangan dan
tembok penyengker
bagian depan Pura Kawitan Sri Karang Buncing di era Ketua Umum Jro Made Supatra
Karang, pengangkatan yang kedua untuk masa bakti tahun 2016 – 2021 pada
Mahasabha III di Pura Kubon Karang Buncing Sibang Kaja, Kecamatan Abiansemal,
Badung tanggal 20 Nopember 2016 yang lalu, dengan ketua pembangunan masa itu
adalah I Ketut Lena. Karena situasi dan kondisi kesehatan yang tidak
memungkinkan untuk melanjutkan pengabdian, maka tanggal 17 Januari 2018 secara
resmi Beliau mengundurkan diri. Sesuai AD & ART oleh Ketua Presidium
Mahasabha III Prof. Dr. Ir. Gede Mahardika, MS. menyelenggarakan Mahasabha Luar
Biasa tanggal 11 Februari 2018 di Wantilan Pura Kawitan Blahbatuh, Gianyar yang
dihadiri oleh seluruh pengurus Kabupaten/ Kota se-Bali dan sepakat memilih I
Made Derik Jaya, menggantikan posisi Jro Supatra Karang sebagai Ketua Umum
Pengurus Pusat Pasemetonan Sri Karang Buncing Bali masa bakti 2016 – 2021. Dan
selanjutnya Jro Made Supatra Karang diposisikan sebagai Dewan Pembina dalam
kepengurusan Pasemetonan Sri Karang Buncing yang baru.
Kori Agung Pura Kawitan Sri Karang Buncing, Blahbatuh 2019.
Dalam kepengurusan yang baru terbentuk, pembangunan
parahyang Kawitan oleh Ketua Umum Jro I Made Derik Jaya sesuai keputusan rapat
Pemaksan Alit Pura Karang Buncing Pusat Blahbatuh dengan Pengurus Pasemetonan
Sri Karang Buncing Kabupaten/ Kota se-Bali pada hari Kamis, 26 Juli 2018
sepakat melanjutkan pembangunan tahap kedua yaitu, Gedong Ali, Gedong Sari 1
dan Gedong Sari 2, Palinggih Pesimpangan Gunung Lempuyang, Gedong Kawitan,
Gedong Ida Bhatara Kebo Iwa, Palinggih Pelik Sari, Bale Paselang, Bale Panggung
Upakara dan Bale Pasayuban.
Pembangunan parahyang Kawitan dengan ketua Tim pelaksana I
Nengah Pringgo, SH, dimulai dari acara nuntun wakul linggih tanggal 28 Juli 2018 dan pembongkaran
dikerjakan oleh sameton Karang Buncing sesuai jadwal yang telah ditentukan.
Setelah selesai pembangunan dasar masing-masing palinggih, dilanjutkan dengan
acara mulang
dasar
tanggal 26 Agustus 2018 dipimpin oleh Ida Pedanda Istri Raka (Istri almarhum
Ida Pedanda Gede Made Gunung) dari Griya Gede Purnawati Kemenuh, Gianyar.
Biaya pembangunan tahap kedua di atas, juga bersumber dari
dana urunan masing- masing sameton Karang Buncing Kabupaten/ Kota seBali, juga punia
dari perseorangan dan sedikit Bansos dari Kabupaten Gianyar. Setelah selesai
pembangunan fisik Gedong Kawitan, Gedong Ida Bhatara Kebo Iwa, Gedong Sari,
Pesimpangan Lempuyang, Pelik Sari, Bale Paselang, Bale Panggung Upakara dan
Bale Pesayuban di jaba tengah sisi timur, dilanjutkan acara nguwag
ngambe
tanggal 9 Februari 2019 dipimpin oleh Jero Mangku Kawitan I Ketut Karmana
dibantu oleh Pemangku Prasanak sami. Secara keseluruhan pengerjaan pembangunan
fisik dikerjakan selama enam bulan kalender Bali mulai dari tanggal 28 Juli
2018 sampai 12 Februari 2019.
Acara Mecaru, Melaspas, Mendem Pedagingan yang bertepatan di hari piodalan Anggarkasih Tambir, tanggal
19 Februari 2019 dipimpin tiga Sulinggih yaitu, Ida Pandita Nabe Dukuh Acharya
Dhaksa dari Padukuhan Samiaga, Banjar Semaga, Desa Pakraman Penatih, Denpasar,
Ida Pandita Dukuh Celagi dari Padukuhan Siddha Swasti, Jln. Antasura 1, Gang
Sanjiwani 8, Paguyangan Kaja, Denpasar dan Ida Resi Bhujangga. Di sore hari
dilanjutkan dengan ngaturan pujawali Ida Bhatara Kawitan dipimpin oleh Ida Pedanda
Istri Raka dari Griya Gede Purnawati Kemenuh, Gianyar.
Bertepatan hari Anggara Kliwon Tambir, tanggal 17 September
2019 diadakan Karya
Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan, Padudusan Agung, Manawa Ratna Saha Tawur
Masapuh- Sapuh Agung dengan Pengrajeg Karya Ida Pandita Nabe Dukuh Acharya Dhaksa dan Wiku Tapini
Ida Pandita Dukuh Istri Acharya Dhaksa, Yajamana Karya Jro Gede Gaduh (I Made Suardana), Manggala
Prawartaka I Nengah Pringgo, Penyarikan Kadek Darmayasa Karang.
Secara garis besar daftar acara sebagai berikut, (1).
Anggara Kliwon Kulantir 4 Juni 2019 Nuasen Uparengga, Mapiuning lan Maguru
Piduka, Yadnya Ngruak oleh Pemangku dan Ida Pandita Dukuh Samiaga, (2). Sukra
Paing Pahang 30 Agustus 2019 Mlaspas Uparengga oleh Pemangku Pura Kawitan dan Pemangku
Prasanak, (3). Sukra Wage lan Saniscara Kliwon Krulut 6 – 9 September 2019
nunas Tirta Pamuket lan Pakuluh ring Kahyangan Jagat sami, (4) Redite Umanis
Merakih 10 September 2019 acara Negteg lan Nyangling kapuput 1 Sulinggih, (5)
Anggara Pon Merakih 10 September 2019 acara Mlaspas lan Mendak Bagia ring Pura
Dalem Tunon kapuput 1 Sulinggih, (6) Wraspati Kliwon Merakih 12 September 2019
Ngerauhang Ida Bhatara soang-soang Dadya, (7) Sukra Umanis Merakih 13 September
2019 Mapepada Tawur, Memben Tawur kapuput 2 Sulinggih, (8) Saniscara Paing
Merakih 14 September 2019 Tawur Mesapuh-sapuh Agung, Linggih Bawa kapuput 5
Sulinggih, (9) Redite Pon Tambir 15 September 2019 Melasti, Mendak Siwi lan
Memasar ring Segara kapuput 2 Sulinggih, (10) Soma Wage Tambir 16 September
2019 Mapepada Agung, Memben Karya kapuput 2 Sulinggih, (11) Anggara Kliwon
Tambir 17 September 2019 Puncak Karya kapuput 7 Sulinggih, (12) Buda Umanis
Tambir 18 September 2019 Ngayarin kapuput 1 Sulinggih, (13) Wraspati Paing
Tambir acara Nganyarin kapuput 1 Sulinggih, (14) Sukra Pon Tambir 20 September
2019 acara Ngremek, Ngebek, Kebat Daun lan Nganyarin kapuput 1 Sulingih, (15)
Saniscara Wage Tambir 21 September 2019 acara Nganyarin kapuput 1 Sulinggih,
(16) Redite Kliwon Medangkungan 22 September 2019 acara Mapandes/ Potong Gigi
lan Nganyarin kapuput 1 Sulinggih lan Sangging, (17) Soma Umanis Medangkungan
23 September
Pura Kawitan Sri Karang Buncing dikala acara
Mapiuning, Maguru Piduka (4/6/2019)
2019 Nganyarin kapuput 1 Sulinggih, (18) Anggara Paing 24
September 2019 Nganyarin kapuput 1 Sulinggih, (19) Buda Pon Medangkungan 25
September 2019 acara Mapetik/ Potong Rambut, lan Nganyarin kapuput 1 Sulinggih,
(20) Wraspati Wage Medangkungan 26 September 2019 acara Nyegara Gunung lan
Nganyarin ring Pura Ulun Danu Songan Batur kapuput 3 Sulinggih, (21) Sukra
Kliwon Medangkungan 27 September 2019 acara Resi Bhojana lan Nganyarin kapuput
2 Sulinggih, (22) Saniscara Umanis Medangkungan 28 September 2019 acara Nyenuk
dan Nyineb Karya ring Pura Puseh Desa Blangsinga, Pura Puseh Desa Blahbatuh,
Pura Batur Sari, Pura Kawitan Karang Buncing kapuput oleh 4 Sulinggih.
0 komentar:
Posting Komentar