Senin, 25 Oktober 2010

PIAGEM DUKUH GAMONGAN & PRASASTI PURA PUSEH SADING, KAPAL

Piagem Dukuh Gamongan, Sri Jaya Sakti Menurunkan 5 Putra, Sri Gnijaya, Sri Maha Sidhimantra Dewa, Sri Mahadewa Pu Withadharma, Sri Maha Kulya Kulputih, Ratu di Yawa-Madura

. . . . sira Sri Gnijaya Sakti gumaweyana dharma rikang Gunung Lempuyang, iniring dening watek mpungku, sewa, sogata mwang bata mantri makabehan, sira Sri Gnijaya Sakti, jaya jayeng wiragya, silawan, punyawan, sudengcita, tarcala mapageh, anamtamaken Brahmana binwating Bangsul, de Sri Gnijaya Sakti, sira gumawya werdyaning desa-desa, makabehan, lwirning simakrama, denapageh, umaweh kaywaning rat trilokam, pinujinam, tekeng dlaha, mawirya sabalanya makabehan tan kurang kaywanan, kalawan yasa sang prabhu, tinut kang sabala, nahan pakertya nira, pura darmmah utamam, risampun dasa temwang sira anakradhala biniseka pwanakira matuha, madeg rajyakadaton, apenengeran sira Gnijaya juga, Isakawarsaning rat, ekanindrya sunyeku, risampun punang pali pali, garjita twas nira Sri Gnijaya Sakti, apan prasidha donira, amrih kasukan, nira nangun Brata mwang Samadhi, hyun nira aneher, anyujur Gunung Hyang, atemu lawan yayahnira nguni, asewaka guru guna widya, lawan pandita sewa sogata, ika matangnya, sira mengejawa Bangsul, setata nangun tapa, brata, semadhi, tegeg angatiti Widhi, mwang tan lupeng maring dewata, mangkana subal. Caritanen mangke, Sri Gnijaya wangsanak nira karwa mangaran nira, Sri Maha Sidhimantradewa, katiganya apasadnya Sri Mahadewa Pu Withadharmma, kapat mangaran nira Sri Maha Kulya Kulputih, kalimania sira ratu Yawamadura.
(Piagem Dukuh Gamongan, hal 2b-4b).

Terjemahan: 
. . . Baginda Sri Gnijaya Sakti yang membangun pertapaan suci di Gunung Lempuyang diiringi oleh para ahli (mpu), pendeta siwa, pendeta budha, juga para mentri semuanya, beliau Sri Gnijaya Sakti, seorang yang gagah berani, berbudi luhur, dermawan, berpikiran suci, teguh kokoh pendiriannya, para pendeta selalu diutamakan dan diajak dalam menata pemerintahan di Bali. Beliau Sri Gnijaya Sakti, sebagai panutan dalam pengembangan desa desa, termasuk menemui para warga, taat dan setia, oleh karena ketaatan itu ketenaran beliau sampai kebelahan tiga dunia, untuk dipuja seterusnya dimasa depan, gagah berani prajurit semuanya tidak kurang kebaikkan, dan sang prabhu selalu dituruti oleh seluruh rakyatnya, begitulah laksana Baginda, tempat suci selalu diutamakan, setelah 10 tahun Baginda memerintah lalu dinobatkanlah anaknya, menjadi raja bernama sama Sri Gnijaya juga, tahun Isaka 1051/1129 Masehi, setelah selesai acara penobatan, sangat bahagia hati Baginda Sri Gnijaya Sakti, karena sudah terkabulkan keinginannya, melaksanakan Brata dan Semadhi, lalu berkeinginan menuju ke Gunung Hyang mengikuti jejak ayahnya dari dahulu, meminta pelajaran yang berguna dalam kehidupan ini, juga kepada para pendeta siwa budha, dengan demikian beliau sering keluar Istana (ngajawa Bangsul), taat menjalani tapa brata semadhi dan memuja Sang Hyang Widhi, serta tidak lupa memuja para leluhur, demikianlah titik. Sekarang diceritakan, Sri Gnijaya bersanak saudara yang nomor dua bernama Sri Maha Sidhimatradewa, yang ketiga bernama Sri Mahadewa Pu Withadharma yang keempat bernama Sri Maha Kulya Kulputih, yang kelima menjadi Ratu di Jawa Madura.

Didukung oleh:

Prasasti Pura Puseh Sading, Sri Maharaja Jaya Sakti Menurunkan 5 Putra, Sri Gnijaya, Sanghyang Sidhimantra Dewa, Sri Mahadewa Mpu Withadarma, Sang Kulputih, Ratu Jawa Di Madura

. . . Isaka 1072 cetramasa titi dwadasi suklapaksa, tang, ping, 12, waraning Julungpujut, irika diwasa nira Paduka Sri Maharaja Jayasakti umaha mana para senapati makadi rakyan apatih imingsor I tanda rakyan ri pakiran-kiran nira kahyuna lunga maring banwa ing Bangsul, kalawan stri nira akadatwana pwa sira haneng Gunung-gunung Adri Karang, sangkaning turuna sira apan hana pakawaning yayahnira Sanghyang Guru donia gumawyana Dharma rikang Gunung Lempuyang, maka kerahayuaning jagat Bangsul, karuhun iniringaning sewatek Mpuku, Sewa, Sogata, Bata mantri tumut irika Sang Sri Jaya Sakti kinaratwaken dening sarat tan kapingging pwa sira, rinatwaken, apan sira bawa laksana tekeng aji, tan akerwan pwa sira dening mohang murkeng cita, muang lobeng ambek rikang rat, kabretyania tuhu matowang, apan sira ratu cakrawati, apan sira ratu jayeng barata, paramarta sira . . .
Ajarakna ri hawanirang Sri Jayasakti kalawan bretya carania brahmam pakiran kiran sira haneng banwa Bantiran prasama gawyana ya werdyaning desa-desa makabehan. Nahan pakertya sewatek tanda bata mantrya ri Bantiran, pura dharmah utamam, lwirning tanda rakyan apatih sama prasanaking brahma nurunaken putra semadi astawa ni Sri Mahadewata Maharaja Dewa Lingganing Gunung Hyang, sanakira sri putra malawas-lawas bipraya anjujug nagareng Jawa Bangsul Banwa Bantiran tekeng Pura Karang mantrya putraning bhatara anakira matwa Sri Gnijaya juga inaranan teher akadatwan ring warani Karang tumemwa tekeng mangke yogyanana inistis dening wang kang hana wangsania ta wekasan de ya atiti ta apan sira lwih utama puniawan silawan tan pade sudania munggwa sari rani, ping rwa anakira ngaran Sanghyang Sidhimantra Dewa, katigania Sri Mahadewa Mpu Witadharma, subaga ring rat, kapat nira Sang Kulputih, kalimania Ratu ing Yawa Madura . . .(Prasasti Pura Puseh Sading, Kapal).

Terjemahan: 
           Pada tahun Saka 1072/1150 Masehi, bulan Hindu ke sembilan, pada tanggal duabelas bulan paro terang, wuku julungpujut, pada hari itulah saatnya Sri Paduka Sri Maharaja Jayasakti, menyidangkan para senapati, terutama para rakyan mahapatih dan para Tanda Mantri di balai istana raja untuk memperbicangkan hasrat baginda Sri Maharaja Jayasakti bersama permaisurinda, hendak beranjangsana ke desa-desa di Bali yang ada di Gunung Karang. Adapun minat baginda datang kesana, oleh karena melaksanakan tugas perentah dari ayahnda yaitu Sanghyang Guru, yang hendaknya supaya mendirikan tempat suci (pedharman) di Gunung Lempuyang, demi untuk keselamatan Negara Bali ini. Baginda diiringi oleh para pendeta Siwa maupun Buda dan para Bata mantri. Dimana baginda Sri Jayasakti lalu dinobatkan menjadi raja oleh rakyat Bali itu. Baginda sangat tepat dinobatkan, karena baginda sangat berpengaruh dan pandai dalam segala ilmu. Baginda tiada akan mundur menghadapi orang-orang yang durhaka. Rakyat baginda sungguh-sungguh takut dan hormat kepada baginda, karena baginda sungguh-sungguh Raja Cakrawarti dan raja yang menang dalam peperangan sangat unggul dan sangat bijaksana. Kini diceritakan perjalanan Sri Baginda Raja Jayasakti bersama para Brahmana. Setelah baginda tiba di desa Bantiran, maka serempak rakyat baginda memperluas daerah-daerahnya. Demikian tugas-tugas para Tanda Mantri baginda di luar desa Bantiran. Mereka membangun pura tempat persembahyangan dan juga Pedarman-pedarman yang sangat diutamakan. Sekalian para Tanda Mantri dan rakyan-apatih itu kesemuanya dari keturunan wangsa brahmana, menurunkan putra, berkat hasil semadi dan doa Ida Bhatara Mahadewa yang bersemayam di Gunung Hyang. Dari saat itu putra-putra baginda itu terpencar, kian kemari, pulang pergi dari Pulau Jawa ke Pulau Bali desa Bantiran sampai ke Pura Karang (Lempuyang). Adapun putra-putra Sri Maharaja yang roh kudusnya sudah disemayamkan di Gunung Hyang, sebagai berikut: putra yang tertua nama sama dengan orang tua Sri Gnijaya juga, beristana di Gunung Karang, yang kita warisi hingga dewasa ini dan yang patut dipuja oleh sekalian penduduk hingga sekarang, harus kita taat memujanya, karena mendiang sangat utama, dermawan dan sangat susila, serta kesucian baginda tiada taranya, putra yang kedua bernama Sanghyang Sidhimantra Dewa, putra yang ketiga bernama Sri Mahadewa Mpu Witadharma yang sangat terkenal di Negara, putra yang keempat bernama Sang Kulputih dan putra yang kelima Ratu di Jawa-Madura.

(Prasasti-prasasti yang dikeluarkan pada zaman orangnya tersebut diatas, yaitu; Prasasti Campetan Caka 1071, Prasasti Manik Liu Caka 1055, Prasasti Bwahan Caka 1068, Prasasti Prasi Caka 1070, Prasasti Sading B Caka 1072, Prasasti Dausa, Prasasti Pemecutan B, Prasasti Sibang Kaja, Prasasti Depa A, Prasasti Bebandem, Prasasti Landih A, Prasasti Tampakgangsul, dan lain-lain)


5 komentar:

AMPURA GURU NAWEGANG TITYANG MENGCOPY DRUWENE SUKSME

silahkan masuk ke group di facebook disana bisa di copas lebih banyak. bergabung di group pasemetonan sri karang buncing kuta jimbaran gih

Made, Gaguritan Sri Karang Buncing yang disusun JM Suwena Karang S.Pd bersumber dari Usana Bali pupuh sinom bait 4 menyatakan Hyang Gnijaya dari Jawa menuju Gunung Adri Karang /Lempuyang dan mendirikan Pasraman. Pupuh Sinom bait 6 SH Sidimantra Dewa menurunkan putra kekalih yaitu Sri Jaya Katong dan Sri Pasung Grigis seharusnya berputra Jaya Katwang tatkala di Jawa dan menurunkan Sri Maha Dewa Lancana dan Sri Indra Cakru tatkala kawin dengan putri dari Gamongan Perlu diluruskan lagi dengan penulis karena geguritan tsb semakin populer dipasemetonan

Jro ,, Geguritan yg disusun oleh Jro Mangku Suwena bersumber dari babad bukan bersumber dari Buku Kebo Iwa niki, semestinya ada "link" antara 5 sumber yaitu prasasti, purana, piagem, prakempa dan babad ,, bukan hanya patokan 1 acuan saja ,, ngiring susun wawaning malih geguritan idane ,, kita ambil dari sumber purana saja sudah cukup dan jelas dijadikan awal penulisan geguritan ,,, semeton sane uning ngenin tembang pupuh, kakawin niring kasi tau tyg jagi ngeruruh sang nyurat ,, Buku Kebo Iwa dan Sri Karang Buncing sampun di bedah oleh kajian budaya UNUD dan apresiasi thd penulis dan isi materi diacungi JEMPOL oleh ahli sejarah unud dan ahli arkeologi dan sastra ,, dwaning sapunika ngiring ajegang lelintihan lelangit sri karang buncing niki melalui tembang ,, suksma

Sane uning ngurit sekar alit rarisang sareng-sareng mekardi mangde wenten ketamiang ring alit-alite riwekas Titiang jagi kordinasikan sareng dane Jro Mangku Suwena Karang saking Penatahan Susut Bangli mangde dados karya bersama atau rarisang mekarja gaguritan Sri Karang Buncing sane lianan, sampunang plagiat mangde ten menyalahi hak cipta. Nyoman Sudana Sekjen Pasemetonan

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More